LPJKP Kalsel Berdayakan Program di 2018

0

MANAGER Eksekutif Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) Provinsi Kalsel Sjahdi Rasyid menyebutkan, aktivitas di LPJKP Kalsel relative padat dengan program unggulan di periode 2018. “Ya, program unggulan kami gelontorkan mencakup Bimtek Penanggung jawab Teknik Badan Usaha (PJTBU), Pelaksanaan Pelatihan Manajemen Konstruksi, dan Pelatihan Keselamatan Kerja,” ucap Sjahdi Rasyid, Jumat (23/2).

MENURUTNYA, program LPJKP Kalsel, ada yang biayai oleh LPJK Nasional, dan ada juga pembiayaan melibatkan asosiasi, sehingga muncul sinergitas dalam peningkatan bidang jasa konstruk di Kalsel. “Nanti kami juga gelar pelatihan Asesor Validasi Verifikasi Asosiasi mulai badan usaha maupun asosiasi profesi,” bebernya.

Tidak lain program tersebut dilaksanakan, sambung mantan Ketua STIEI Indonesia ini, karena ada kelanjutan program pemerintah secara nasional, percepatan sertifikasi tenaga terampil, dengan mendapat SKT. “Digelar LPJKP Kalsel di Gambut dengan proyek perumahan 38 orang , di ULM proyek konstruksi bangunan 35 orang, dan Tapin dengan proyek bendungan Pipitak Jaya sebanyak 82 orang. Ya,  mereka yang dapat SKT di tingkat level pekerja dan mandor,” katanya.

Bahkan, katanya, dalam waktu dekat akan digelar pula di Barabai Hulu Sungai Tengah, bekerjasama dengan Balai Wilayah V Bina Konstruksi. “Penguatan pemberian sertifikasi untuk kepentingan pekerja terampil dan kelayakan pembangunan di Kalimantan Selatan,” katanya.

Untuk itu, ungkapnya, semua pihak akan dijalin kerjasama, dalam peningkatan sumber daya manusia. “Kita akan MoU dengan perguruan tinggi negeri dan swasta, yang memiliki fakultas teknik. Lalu dengan SMK MoU juga yang memiliki keunggulan konstruksi,” imbuhnya. (jejakrekam)

Penulis : Afdi

Editor    : Afdi Achmad

Foto      : jejakrekam

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.