KRI Dewaruci Sandar di Pelabuhan Trisakti Bandarmasih

KAPAL Legendaris Dewaruci milik TNI AL yang di buat di Jerman pada 1952 dan di resmikan sebagai KRI pada 24 Januari 1953 tiba di Pelabuhan Trisakti Bandarmasih, Rabu, 21/02/2018 sekitar pukul 16.30 WITA.  

KEDATANGAN KRI Dewaruci yang di komandoi Letkol Laut  Rahadian Rahmadi ini membawa 31 taruna dan 7 taruni AAL ini, di sambut Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina, Danlanal Banjarmasin Letkol Laut Wijayanto, Danlanud Syamsudin Noor, Letkol Pnb Abdul Haris, serta Kapolresta Banjarmasin, Kombes Pol Anjar Wicaksana.

Adapun tujuan kedatangan 38 taruna dan taruni ini ke Kota Seribu Sungai dalam rangka kegiatan  latihan praktek navigasi 3 Taruna Tingkat III AAL Korps Pelaut Angkatan 64.  Rencananya kapal berukuran 58,5 meter dengan lebar 9,5 meter ini akan tambat di Pelabuhan Trisakti Bandarmasih selama tiga hari. Para taruna dan taruni nantinya akan melaksanakan pelayaran Lattek Navigasi Astronomi atau pelayaran dengan menggunakan bintang.

“Ini bertujuan memberikan pengetahuan dan keterampilan bagi taruna dalam melaksanakan prosedur navigasi dan lego jangkar serta penggunaan tangkal dasar dalam merencanakan dan melaksanakan lego jangkar di alur sempit. Pelayaran navigasi ini akan menempuh rute Surabaya-Banjarmasin-Semarang dan kembali ke Surabaya selama 10 hari,” kata Letkol Laut  Rahadian Rahmadi.

Menurut dia, kapal yang memiliki kecepatan 10 knot ini akan kembali berlayar pada Jum’at sore ke Kota Semarang dan kemudian akan dilanjutkan kembali ke Surabaya.

Sementara itu, Walikota Banjarmasin  Ibnu Sina mengatakan, kedatangan Kapal Dewaruci ke Kota Seribu Sungai ini merupakan suatu berkah di awal Tahun 2018.  “Kapal ini sudah berlayar selama 65 tahun mengelilingi laut di seluruh dunia. Tentu ini merupakan penghargaan yang luar biasa bagi Banjarmasin. Bagi para taruna nanti akan kita bawa kelliling sungai yang ada di Banjarmasin,” sebut Ibnu.(jejakrekam)

 

Penulis  :Asykin

Editor   :Fahriza

Foto     :Iman S