Dirgahayu

Sentil Gubernur, Cawabup Lamandau Dipanggil DAD

UNTUK menghindari gejolak di tengah masyarakat, terkait pernyataan calon Wakil Bupati Lamandau, Taufik Hidayat yang dinilai telah melakukan fitnah terhadap Gubernur Sugianto Sabran bakal menutup sejumlah perusahaan sawit, akhirnya ditindaklanjuti Dewan Adat Dayak (DAD) Kalteng.

PERTEMUAN itu dihelat di Betang Hapakat Palangka Raya, pengurus DAD Kalteng mengorek keterangan dari Taufik Hidayat dalam proses klarifikasi, Senin (19/2/2018) sore.Pertemuan tertutup, dipimpin Ketua Harian DAD Kalteng, Andrie El ia Embang, didampingi sejumlah petinggi DAD. Sedangkan Taufik saat datang didampingi  calon Bupati Lamandau FX Perwiragato, yang juga pengurus DAD Lamandau.

“Klarifikasi ini harus dilakukan karena sudah viral beredar, untuk menjaga stabilitas dan keamanan Kalteng, agar tidak menjadi besar seperti bola salju,” kata Ketua Harian DAD Kalteng, Andrie Elia Embang kepada wartawan, usai pertemuan dengan Taufik Hidayat.

Menurut dia, kapasitas DAD dalam hal ini, tidak ada hubungan sama sekali dengan politik. Ini semata-mata dilakukan sesuai filosofi Huma Betang.  “Kami juga menyampaikan apresiasi kepada saudara Taufik Hidayat, karena bersedia hadir memenuhi panggilan DAD,” ucapnya.

Elia Embang mengungkapkan dari pengakuan Taufik saat sosialisasi di Desa Sematu Jaya Lamandau, dirinya tidak ada niat mengkritik ataupun memfitnah Gubernur Kalteng. Tetapi, menurut dia, ada persepsi, berbagai pihak seolah-olah melakukan hal itu. Namun terpenting, Taufik bersedia meminta maaf dan menyelesaikan secara adat Dayak.

“Kami memanggil Taufik tidak ada hubungan dengan politik. Tapi kami ingin menyelesaikan secara persoalan secara adat, agar terjadi stabilitas dalam pilkada sehingga pilkada berjalan sukses,”tegasnya.

Sementara itu, Taufik Hidayat mengatakan, dengan hadir memenuhi panggilan DAD Kalteng bukti bahwa dirinya sangat taat terhadap adat istiadat dan menjunjung tinggi Huma Betang.”Saya menjunjung tinggi. DAD begitu familiar. Tidak ada hal-hal dan isu yang dikhawatirkan. Saya sudah melakukan klarifikasi. DAD sangat menerima baik kedatangan saya. Itu yang saya junjung tinggi,”imbuhnya. (jejakrekam)

Penulis : Tiva
Editor   : Fahriza
Foto     : Tiva