Gedung Dishub Kalsel Jadi Arena Latihan Menembak

USAI dilalap api dalam musibah kebakaran, kini kantor Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Selatan di Jalan Belitung Darat dan Simpang Anem, Banjarmasin itu tak hanya bisa lagi dimanfaatkan. Akibatnya, aset milik Pemprov Kalsel yang pernah digunakan berbagai instansi itu tengah dirancang sebagai fasilitas olahraga.

PERTIMBANGANNYA untuk memperbaiki bekas bangunan yang hangus dilalap si jago merah, perlu biaya yang tak sedikit. Bahkan, dananya setara dengan membangun gedung yang baru. Sedangkan, pusat perkantoran Setdaprov Kalsel sudah dipindah dari Banjarmasin ke Banjarbaru.

Usulan gedung dan areal perkantoran Dinas Perhubungan Provinsi Kalsel menjadi arena olahraga menembak pun diakui Kepala Bidang Pengelolaan Barang Milik Daerah Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) Kalsel, M Mirhansyah di Banjarbaru, Senin (19/2/2018).

Ia menjelaskan aset kantor tersebut dijadikan sarana olahraga tidak memerlukan persetujuan DPRD. Sebab, lanjutnya, bangunan tetap ada hanya berubah fungsi. “Proses saat ini sedang dalam pertimbangan dari usulan organisasi penembak (Perbakin). Nanti, persetujuannya dari Gubernur Kalsel,” tuturnya.

Mirhan mengatakan, menindaklanjuti usulan tersebut sudah beberapa kali melakukan koordinasi dengan pihak terkait. “Yang jelas usulan itu kami tindaklanjuti. Tapi tentu harus dipertimhangkan secara matang. Terutama, pengelolaan aset setelah selesai dibangun. Jangan sampai pemanfaatannya tidak maksimal,” ucapnya.

Rencana pembangunan arena menembak ini juga sebagai penunjang Kalsel tuan rumah PON 2024. Lokasi tersebut bisa dijadikan salah satu tempat pertandingan cabang olaraga menembak. “Pak Gubernur memang menginginkan semua cabang olahraga memiliki tempat berlatih dan bertanding. Tidak hanya menembak, tapi seluruh cabang olahraga. Tapi lokasinya belum tau di mana-mana. Yang jelas, semua cabor ingin dibuatkan tempat berlatih oleh Pak Gubernur. Beliau sangat mendukung untuk meningatkan keolahragaan,” tambah Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kalsel, Zakly Asswan Helmi.

Dia juga mengingatkan, semua aset olahraga yang dibangunkan oleh Pemprov Kalsel untuk dikelola dan dimanfaatkan sebaik-baiknya. Pemerintah daerah yang dipimpin H Sahbirin Noor, dikatakan Zakly, serius memberikan dukungan keolahragaan. “Setelah dibangun harus dikelola dan dimanfaatkan. Karena gubernur kita Paman Birin sudah sangat serius memberikan perhatian,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis : Sayyidil Ahmada

Editor   : Fahriza

Foto     : Kalimantan Post

 

Anda mungkin juga berminat
Loading...
Klik bel merah di samping kanan layar untuk mendapatkan notifikasi berita terbaru.