Kapolda Kalsel Didesak Usut Kasus Pembacokan Aktivis

0

LUKA robek di kepala bagian belakang yang diderita Usman Pahero, sepanjang 16 centimeter dengan kedalaman 2 centimeter dan lebar 3 centimeter, akibat bacokan parang orang misterius, langsung ditangani dokter dan tim medis di ruang operasi RS Sari Mulia Banjarmasin, Jumat (16/2/2018) malam.

SEJUMLAH aktivis LSM, akademisi dan jurnalis pun berdatangan ke rumah sakit terletak di Jalan Pangeran Antasari Banjarmasin. Bahkan, Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Desmond J Mahesa turut menjenguk kolega tersebut, sesama aktivis.

Direktur Eksekutif Wahana Lingkungan Indonesia (Walhi) Kalsel, Kisworo Dwi Cahyono mengabarkan pengoperasian bagian kepala Usman Pahero, langsung ditangani tim dokter secara telaten. “Mari kita berdoa semoga saudara kita Usman Pahero bisa cepat sembuh dan kembali sediakala,” ucap Kisworo Dwi Cahyono kepada jejakrekam.com.

Menurut Cak Kiss, sapaan akrabnya, aksi premanisme yang mengancam nyawa Ketua Komite Aksi Penyelamat Kotabaru (Kapak) Usman Pahero yang juga dosen STIT Darul Ulum, STIKIP PB, dan Politeknik Kotabaru, sangat disayangkan dan patut dikutuk.

“Kami mendesak agar Kapolda Kalsel dan Gubernur Kalsel harus segera turun tangan. Dalam waktu dan tempo sesingkat-singkatnya a harus bisa menangkap pelaku dan membongkar motif di balik kejadian ini,” ucap Kisworo.

Dia menegaskan negara harus menjamin keselamatan rakyat, terutama aktivis yang lagi menangani kasus kepentingan publik. “Jaminan keselamatan ini sangat dibutuhkan, terutama bagi aktivis yang vokal dan kritis. Sebab, hal-hal yang dikritisnya juga sangat rawan untuk mendapat kriminalisasi, terutama pihak-pihak atau orang-orang yang merasa terganggu,” cetus Kisworo.

Sementara itu, dikonfirmasi wartawan Kapolres Kotabaru AKBP Suhasto membebarkan aksi pembacokan yang dilakoni orang misterius terhadap Ketua Komite Aksi Penyelamat Kotabaru (Kapak) Usman Pahero. Warga Desa Hilir Muara, Kecamatan Pulau Laut Utara, Kotabaru ini dibacok oleh orang misterius, saat hendak sholat subuh ke Masjid As Salam, Jumat (16/2/2018) dinihari sekira pukul 05.00 Wita.

Menurut Kapolres Kotabaru, saat ini, pihaknya tengah melakukan penyelidikan serta pengejaran terhadap pelaku pembacokan terhadap korban. Dia juga memastikan pihak kepolisian tengah mendalami kasus yang dialami Usman Pahero.(jejakrekam)

Laporan Tim Jejakrekam.com

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.