Kader Muda PDIP Somasi Penyebar Video Hoax

0

KADER muda Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang tergabung di dua organisasi sayapnya,  DPD Taruna Merah Putih (TMP) dan Banteng Muda Indonesia (BMI) Kalimantan Selatan, melayangkan teguran keras atau somasi terhadap Endang Kesumayadi.

SOMASI ini terkait tindakan Endang Kesumayadi yang menyebarkan video berisikan berita yang dinilai tidak benar atau bohong berjudul PDIP dan PKI Siap Membantai Umat Islam.

Ketua DPD BMI Kalsel,  Syafruddin H Maming yang akrab disapa Cuncung, pada Jumat (09/02/2018) di kantor DPD PDIP Kalsel mengatakan,  somasi ini mereka layangkan karena merasa terusik dengan unggahan video yang dinilai berisi berita bohong yang diunggah Endang Kesumayadi di grup Whatsapp Keluarga Besar NU Kalsel.

Menurut Cuncung, PDIP tidak memiliki sangkut paut dengan PKI yang merupakan partai terlarang dan sudah dibubarkan. Saat ini, PDIP juga beranggotakan mayoritas umat Islam. Dan kadernya, banyak yang aktif di organisasi Islam. Seperti NU dan Muhammadiyah.

“Sehingga jelas, tudingan PDIP siap membantai umat Islam,  adalah berita konyol. Karena sama saja dengan membantai diri sendiri, ” kata Cuncung didampingi Pengarah dan Kepala Badan Bantuan Hukum dan Advokat PDIP Kalsel Fazlur Rahman dan Ali Murtado.

Video berdurasi 25 detik itu, berisi pidato politis PDIP yang menegaskan partai ini akan terus berdiri di barisan terdepan untuk merawat dan menjaga NKRI. Namun diedit dan diberi judul PDIP dan PKI Siap Membantai Umat Islam. Kemudian disebarkan di media sosial.

Somasi ini, menurut Cuncung, sebagai bukti pihaknya menjunjungi tinggi hukum dan sikap politik yang beradab. Lewat somasi ini, pihaknya memberi kesempatan kepada yang bersangkutan meminta maaf dalam waktu tiga kali 24 jam.”Lewat dari itu, kalau tidak ada permintaan maaf, kasus ini kami bawa ke jalur hukum,” kata anggota DPRD Kalsel ini.

Cuncung menegaskan, permintaan maaf harus dilakukan yang bersangkutan lewat media massa. Baik cetak maupun elektronik di Kalsel selama tiga bulan.

Sementara itu,  Ketua DPD TMP Kalsel, Syarifuddin mengatakan, meski merasa terusik, namun pihaknya tetap menahan diri. Termasuk meminta seluruh kader PDIP tidak melakukan tindakan anarkis.(jejakrekam)

Penulis : Deden

Editor   : Didi G Sanusi

Foto     : Iman Satria

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.