Partai Bertambah, Alokasi Kursi di DPRD Batola Tidak Berubah

0

PERTARUNGAN antar calon anggota legislatif di Kabupaten Barito Kuala 2019 mendatang di pastikan berlangsung dengan sengit. Pasalnya, alokasi kursi di DPRD Batola tidak ada mengalami kenaikan. Sedangkan jumlah parpol yang mengusung caleg bertambah dimana empat parpol baru hadir, yakni Perindo, PSI, Partai Berkarya, dan Partai Garuda.

ALOKASI kursi di DPRD Batola pada Pileg 2019 nanti masih sama dengan pemilu 2014 lalu, yakni sebanyak 35 kursi,” kata komisioner KPUD Batola, Khairadi Asa kepada jejakrekam.com belum lama tadi.

Ia menambahkan Kabupaten Batola memiliki  luas wilayah 3.284 KM2, di mana  dalam Pemilu 2014 lalu penduduk Kabupaten Barito Kuala sebanyak 276.066 Jiwa yang terbagi dalam 17 Kecamatan , 6 Kelurahan serta 194 desa.  “Untuk daerah pemilihan (dapil) terbagi menjadi empat, yakni dapil 1 meliputi Kecamatan Marabahan, Kuripan,Tabukan, Cerbon, Bakumpai dan Kecamatan Rantau Badauh,” ucap mantan wartawan ini.

Sedangkan untuk dapil 2, lanjutnya, berada di Kecamatan Anjir Pasar, Anjir Muara, Barambai, Belawang dan Kecamatan Wanaraya. Sedangkan dapil III, sebut Khairadi meliputi Kecamatan Alalak, Mandastana dan Kecamatan Jejangkit.  “Untuk dapil IV  Kecamatan Tamban, Mekar Sari dan Kecamatan Tabunganen. Untuk empat dapil itu, masing- masing  caleg  partai politik harus memenuhi suara yang sudah ditentukan sesuai dengan menghitung bilangan pembagi pemiih,” jelasnya.

Oleh karena itu, kata diam dengan bertambahnya parpol kontestan Pileg menjadi 16 parpol maka semua partai pasti akan berusaha mendapatkan suara semaksimal mungkin.  “Apalagi jumlah kursi yang diperebutkan tidak ada penambahan. Makanya persaingan akan semakin ketat,” jelasnya.(jejakrekam)

 

Penulis  :Asykin

Editor    :Fahriza

Foto      :Humas Polres Batola

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.