Air Mendidih Ternyata Dipicu Aliran Listrik Kontak Bumi

0

HEBOH semburan air panas dan mendidih di Desa Pekauman RT 2, Kecamatan Martapura Timur, Kabupaten Banjar yang ditemukan di tiang samping rumah milik M Jauzi, sempat menghebohkan warga sekitar pada Kamis (1/2/2018) sekira pukul 08.15 Wita.

RASA penasaran itu kemudian dilanjutkan beberapa warga dengan menaruh telor mentah, yang dalam hitungan 20 menit bisa matang. Sebagian warga pun mengaitkan hal itu sebagai fenomena alam di lahan rawa yang mengeluarkan gelembung berasap. Kondisi panas pun berukuran kurang lebih 25 centimeter di atas tanah di samping rumah kayu milik Jauji.

Beberapa warga Pekauman seperti Ali dan Ida, pun mengaku bingung dengan temuan semburan air mendidih yang menjadi tontotan warga. Begitupula, Anang, warga Desa Pekauman lainnya juga mengetes suhu air dengan memasukkan telor ayam, hingga matang seperti digodok dalam air mendidih di atas kompor.

Sedangkan, beberapa warga pun belum memastikan penyebab air mendidih. Meski di tempat itu, terdapat kabel kontak bumi atau ardha yang berada di tiang rumah milik Jauzi.

Pihak Polsek Martapura Timur pun datang ke lokasi. Mereka pun menyelidiki apakah memang fenomena alam, atau akibat besi ardha yang tertanam di tanah, sehingga membuat genangan air mendidih. Semua akhirnya terjawab, ketika petugas PLN datang pada 13.00 Wita. Petugas itu kemudian  memutus sambungan listrik ke ardha, dan terbukti air tak lagi mendidih. Kesimpulannya, kejadian itu bukan akibat fenomena alam yang dikaitkan dengan potensi gas bumi, tetapi akibat adanya elemen atau besi ardha yang berada di dalam tanah.(jejakrekam)

Laporan : Tim jejakrekam.com

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.