jejakrekam.com

semua ada di sini

Monday 26th February 2018

Disdik Kalsel Target Seluruh Sekolah Gelar UNBK

Disdik Kalsel Target Seluruh Sekolah Gelar UNBK

MASIH lama, Dinas Pendidikan Kalsel sudah mulai mempersiapkan pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK), baik untuk tingkat SMA sederajat maupun SMP sederajat.

PERSIAPAN yang dilakukan khususnya yang bersifat teknis, misalnya ketersediaan pasokan listrik dan jaringan internet bagi pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Terkait hal itu, Kepala Dinas Pendidikan Kalsel HM Yusuf Effendi menggelar pertemuan dengan pihak terkait, khususnya PT PLN dan PT Telkom, serta perusahaan-perusahaan penyedia jasa telekomunikasi, (Rabu (31/1/2018).

Tahun lalu, diungkapkan Yusuf Effendi, di Kalsel baru tingkat SMK yang 100 persen telah menyelenggarakan UNBK. “Di tingkat lainnya, baik formal maupun informal, pada tahun lalu baru rata-rata baru 30 persen sekolah yang menggelar UN berbasis komputer, kecuali SMK yang sudah 100 persen menggelar UNBK. Sisanya masih menggunakan kertas,” kata Yusuf.

Tahun lalu, bebernya, penyelenggaraan UNBK di tingkat SMP mencapai 26 persen, MTs 17 persen, SMA 49 persen, MA 24 persen, serta Paket A dan Paket B mencapai 79 persen. Untuk periode 2017/2018, menurut Yusuf, sesuai dengan kebijakan pemerintah pusat dan pemerintah daerah, maka diharapkan seluruh sekolah bisa menerapkan pelaksanaan UN Berbasis Komputer.

“Target kita adalah 100 persen sekolah di Kalsel menggelar UNBK. Tahun lalu, untuk tingkat SMK, Kalsel termasuk 6 provinsi di Indonesia yang sudah menggelar UN Berbasis Komputer,” katanya.

Diungkapkannya, penyelenggaraan UNBK lebih baik nilai integritas dan nilai rata-ratanya dibanding UN yang masih menggunakan kertas. Informasi terakhir, menurut mantan pejabat Pemkab Hulu Sungai Selatan (HSS) untuk tingkat SMP, baru 44 persen kesiapannya untuk menyelenggarakan UNBK. “Pengelolaan SMP di tangan kabupaten/kota. Untuk tingkat lainnya diprediksi sudah bisa 100 persen,” katanya.

Bagaimana dengan sekolah yang jauh dari akses internet? Ia mengatakan, siswa dari sekolah yang jauh dari akses telekomunikasi bisa bergabung dengan sekolah yang menggelar UNBK. Terkait teknis, pihaknya dengan PT PLN dan perusahaan penyedia jasa komunikasi berusaha agar pelaksanaan UNBK bisa berjalan lancar.(jejakrekam)

Penulis : Asyikin

Editor  : Andi Oktaviani

Foto    : Asyikin

Tags: , , , , ,
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan