Pemkab Barito Utara Perluas Areal Tanam Bawang Merah

0

RENCANA perluasan areal tanam jagung nampak segera direalisasikan. Hal ini sesuai program yang sudah dijalankan oleh Dinas Pertanian Barito Utara.

BUPATI Barito Utara H Nadalsyah saat melakukan kunjungan di areal transmigrasi Sei Rahayu II Kecamatan Teweh Tengah, Selasa (30/1/2018), mengatakan, selain program perluasan lahan jagung, juga sudah dikembangan tanaman bawang merah.

Menurutnya, untuk mengedukasi para petani, pemerintah telah membantu pengadaan bibit, obat obatan hingga pupuk untuk para petani guna perluasan tanaman bawang merah. Dikatakan Nadalsyah, saat ini ada tujuh Kecamatan para petani yang sudah dibina untuk pemgembangan bawang merah. “Dan nampaknya hasilnya lebih baik.dimana tanaman ini satu banding tujuh, bahkan lebih,” katanya.

Nadalsyah menjelaskan, perbandingan satu kilogram bibit bisa menghasilkan hingga tujuh kilogram, bahkan lebih sudah berhasil dikembangkan.program tersebut, terutama dalam peningkatan pertanian, selain padi dan jagung. Oleh karena itu, Koyem-sapaan akrabnya, mengatakan pemerintah daerah berharap dengan berhasilnya tanaman bawang ini, dapat menjadi pemicu untuk masyarakat dalam mengembangkan tanaman bawang.juga para petani agar dapat lebih mandiri.

“Karena bantuan yang telah disalurkan tidak selamanya diberikan, sehingga bantuan yang sudah disalurkan merupakan sebagai modal para petani,” kata Nadalsyah.

Dijelaskannya, tanaman bawang pada saat ini nampaknya sangat berhasil. Bahkan, dia menargertkan akan i terus dikembangkan sesuai dengan program yang sudah dicanangkan, demi mencapai swasembada pangan di Kabupaten Barito Utara.(jejakrekam)

Penulis : Syarbani

Editor   : Andi Oktaviani

Foto     : Syarbani

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.