Ekspedisi Mendokumentasikan Keindahan Lembah Kahung

0

MENJELAJAH alam bebas kini menjadi trend bagi masyarakat perkotaan. Berada di hutan yang lebat, dan kemudian mengabadikan di media sosial (medsos) menjadi sebuah keniscayaan. Kini, tinggal klik di gadget, baik foto maupun video betebaran memvisualkan keindahan alam, yang jadi tujuan wisata.

BAGI para penikmat alam bebas, tentu tak kenal maka tak sayang, jika tak pernah menginjakkan kaki di hutan tropis yang tersisa di Kabupaten Banjar. Salah satu objek wisata alam yang digadang-gadang menjadi geopark itu adalah Lembah Kahung, di Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar.

Untuk mengabadikan dan mendata khazanah hayati dan alam di Lembah Kahung, dari pegunungan, air terjun, sungai, flora dan fauna sesuai dengan misi Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor, para staf humas dan protokol (humpro) sengaja menggelar ekspedisi di kawasan hutan tropis tersebut.

“Ekspedisi ini sengaja dilakukan di Lembah Kahung, agar bisa mendokumentasi foto dan video dalam menggambarkan keindahan kawasan itu. Kami memang harus berjalan kaki selama 14 jam atau sepanjang 15,6 kilometer dan butuh waktu tiga hari,” ucap Kepala Biro Humpro Setdaprov Kalsel, Kurnadiansyah kepada wartawan, yang memimpin 10 personil dalam Ekspedisi Lembah Kahung ala Humpro Kalsel, Senin (30/1/2018).

Dia bercerita dalam perjalanan menyusuri hutan yang masih perawan, para staf humpro pun sampai digigit hewan pengisap darah seperti lintah atau dalam bahasa Banjar disebut pacat. “Tantangan ini tak masalh. Tujuan kami untuk meningkatkan pariwisata Kalsel, tentu butuh dokumentasi berupa foto dan video sebanyak-banyaknya. Nanti, akan kami unggah di internet, apakah di youtube serta akun medsos lainnya,” tutur  Kurnadiansyah.

Di era zaman now, Kurnadiansyah pun mengungkapkan sangat penting untuk memanfaatkan jejaring sosial agar para wisatawan tertarik datang ke Lembah Kahung untuk menikmati hutan tropis yang masih perawan. “Saya rasa menyesal kalau tak ke sana. Di sana, masih banyak pohon meranti raksasa, serta air terjun dengan panorama alam yang indah,” imbuhnya.(jejakrekam)

Penulis : Sayyidil Ahmada

Editor   : Didi G Sanusi

Foto      : Humpro Kalsel

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.