Satu Dinas Patuh, 9 SKPD Banjar Masih Kuning dan Merah

HASIL survei kepatuhan pelayanan publik untuk Kabupaten Banjar diserahkan Ombudsman Perwakilan Kalsel kepada Bupati KH Khalilurrahman serta pejabat di lingkungan Pemkab Banjar di Martapura, Selasa (23/1/2018).

LEMBAGA independen yang mengawasi mutu pelayanan publik sesuai UU Pelayanan Publik Nomor 25 Tahun 2009, melakukan survei pada tahun 2017 untuk 10 satuan kerja perangkat daerah di Pemkab Banjar. Hasilnya, hanya satu SKP yang nilainya 100 atau telah mematuhi UU Pelayanan Publik yakni Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP).

Sementara, dari hasil survei Ombudsman Kalsel untuk 9 SKPD lainnya masih kuning dan bahkan beberapa merah alias belum patuh. Adapun 9 SKPD yang dimaksud antara lain Didsukcapil, Dinas Koperasi, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pendidikan, Dinas Perhubungan, Dinas Perindustrian, Dinas Perkebunan, Dinas Sosial dan Dinas Tenaga Kerja.

Kepala Ombudsman Perwakilan Kalsel Noorhalis Majid mengungkapkan survei yang dilakukan bersifat kumulatif, sehingga bila ada instansi yang tidak patuh, nilainya rendah dan memberi pengaruh pada instansi lainnya yang sudah tinggi. “Nilai kumulatif mengambarkan potret pelayanan di kabupaten tersebut. Untuk kabupaten Banjar, nilai kumulatifnya masih 75,05 yang berada pada kepatuhan sedang atau zona kuning,” tutur Majid.

IKLAN TENGAH

Dia berharap agar  nilai kepatuhan ini dapat menjadi bahan evaluasi untuk meningkatkan pelayanan publik di Kabupatn Banjar.  Terutama, SKPD yang masih dalam kepatuhan rendah diharapkan memperbaiki pelayanannya. Bagi Ombudsman, bila SKPD masih banyak yang belum patuh, maka kondisi tersebut sangat merugikan masyarakat, yang berarti masyarakat tidak mendapat pelayanan yang standar  sesuai UU Nomor 25 Tahun 29 tentang Pelayanan publik.

Sementara itu, Bupati Banjar KH Khalilurrahman menyambut baik hasil survei kepatuhan yang disampaikan Ombudsman. Ia berjanji memperbaiki pelayanan publik yang nilainya masih rendah. “Bahan survei kepatuhan akan digunakan untuk mengevaluasi sejumlah SKPD dalam rangka memperbaiki kinerjanya,” ucap mantan Pimpinan Ponpes Darussalam Martapura ini.(jejakrekam)

Penulis : Ahmad Husaini

Editor   : Fahriza

Foto      : Dok Ombudsman

Anda mungkin juga berminat
Loading...

Satu Dinas Patuh, 9 SKPD Banjar Masih Kuning dan Merah