Dari Rumah ke Rumah, KPUD Kalsel Gelar Coklit Serentak

0

KOMISI Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kalimantan Selatan menerjunkan tim untuk melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih secara serentak di empat kabupaten yang menghelat pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak pada 27 Juni 2018 mendatang.

ADA empat kabupaten yang menghelat Pilkada 2018 yakni Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Tapin, Tanah Laut serta Tabalong. Dalam pemuktahiran data pemilih yang digelar perdana dan serentak ini, KPUD Kalsel melakukan sistem door to door atau mendatangi rumah-rumah warga di empat kabupaten tersebut, Sabtu (20/1/2018).

Untuk mengefektifkan kerja, gerakan coklit serentak di Kalsel ini melibatkan seluruh stakeholder mencakup 230 panitia pemilihan kecamatan (PKK), 1.647 panitia pemungutan suara (PPS) serta 2.262 petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP). Seluruh tim ini bergerak dan disebar di empat kabupaten yang menghelat pilkada serentak melingkupi 43 kecamatan, 463 desa serta 2.262 tempat pemungutan suara (TPS).

Komisioner KPUD Kalsel, Noor Kholis Majid mengungkapkan gerakan nasional coklit serentak ini akan berlangsung sejak 20 Januari hingga 19 Februari 2018 mendatang.  “KPU menargetkan gerakan coklit ini akan tercatat di Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai gerakan dengan hastag KPU mencoklit terbanyak di semua platform media sosial,” kata Divisi Program dan Data KPUD Kalsel ini.

Menariknya, dalam gerakan coklit serentak KPUD Kalsel, juga menemui ada beberapa temuan seperti tidak klop data pemilih antara kartu keluarga dengan kartu tanda penduduk (KTP) di Kecamatan Bati-Bati, Kabupaten Tanah Laut, serta temuan lainnya.(jejakrekam)

Penulis : Ahmad Husaini

Editor   : Didi G Sanusi

Foto     : Istimewa

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.