Kompas Borneo Galang Donasi Buku untuk Masyarakat

0

KELOMPOK Mahasiswa Pencinta Alam dan Seni (Kompas) Borneo Universitas Lambung Mangkurat (ULM) membuka donasi buku 2018 untuk taman baca masyarakat, sejak Sabtu (13/1/2018) di pinggir jalan utama Unlam di Banjarmasin. Rencananya, mahasiswa pencinta alam (mapala) akan mengumpulkan buku-buku hingga Minggu (15/2/2018) diserahkan ke masyarakat Desa Pasar Lama, Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar.

ANGGOTA Kompas Borneo, M Ammar Ridhani mengungkapkan selama ini minat baca atau budaya literasi masyarakat Kalsel masih sangat minim. Namun, apa yang dilakukan masyarakat Desa Pasar Lama patut diapresiasi. Sayangnya, koleksi buku yang tersedia di taman baca tersebut, diakui Ammar masih sangat sedikit.

“Sangat belum layak untuk disebut taman baca, melalui Donasi Buku 2018 ini kami ingin membantu mewujudkan perpustakaan yang layak bagi mereka,” ujar Ammar ditemui jejakrekam.com, di Posko Penggalangan Donasi Buku, Rabu (17/1/2018).

Ia menambahkan, kegiatan donasi ini adalah bagian dari pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh Kompas Borneo Unlam, agar masyarakat mempunyai fasilitas taman baca untuk menambah pengetahuan masyarakat. “Buku-buku yang mereka terima beragam, mulai dari buku anak-anak, novel, buku teks pelajaran, maupun pengetahuan umum yang ramah dibaca semua usia,” ucap Ammar.

Selain buku, menurut dia, masyarakat Desa Pasar Lama juga menerima berbagai peralatan sekolah, meja dan kursi, rak buku, poster pendidikan, atau bahkan berupa dana. Sejauh ini, beber Ammar, Kompas Borneo telah menawarkan proposal donasi ini ke berbagai instansi di Kalimantan Selatan, seperti Perpustakaan Daerah Provinsi Kalsel, Perpustakaan Pusat Universitas Lambung Mangkurat, dan Toko Gramedia.

“Nantinya, ketika semua donasi sudah terkumpul, kami akan menyerahkan langsung ke masyarakat Desa Pasar Lama,” imbuhnya.(jejakrekam)

Penulis :  Siti Nurdianti

Editor    : Fahriza

Foto      : Siti Nurdianti

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.