Si Bamban dari Desa Biih Dinobatkan Jadi Raja Durian

ADA 80 macam durian ditampilkan 80 peserta di ajang Kontes Durian se-Kabupaten Banjar, Kamis (11/1/2018). Dalam ajang Si Raja Buah yang dihelat Desa Biih, Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar ini, durian Si Bamban yang dipersembahkan Samsi dinobatkan sebagai juara.

SAMSI dengan durian Si Bamban pun akhirnya didaulat sebagai Raja Duriah. Peserta dari Desa Biih ini berhak menerima hadiah uang tunai sebesar Rp10 juta. “Alhamdulillah durian saya menjadi yang terbaik,” ujar Samsi kepada wartawan, Kamis (11/1/2018).

Selain Si Bamban, ada 5 jenis durian lainnya yang juga dinobatkan sebagai yang terbaik dalam gelaran kontes durian Biih yang rutin digelar setiap tahun ini. Di antaranya, Si Banteng dari Biih sebagai terbaik kedua, kemudian Si Dodol dari Desa Balau menjadi terbaik ketiga.

Selain itu, ada Si Naga dari Maniapon Pengaron sebagai juara harapan pertama, Si Gading dari Karang Intan sebagai juara harapan kedua, dan Si Tunjuk dari Pengaron sebagai juara harapan ketiga.

Durian-durian yang mengikuti kontes ini dinilai berdasarkan ukuran, rasa, ketebalan, warna, dan tekstur. Selain menggelar kontes Durian, Desa Biih juga ditetapkan oleh Pemerintah Kabupaten sebagai Agrowisata Durian. Penetapan Desa Biih sebagai Agrowisata Durian ini, langsung dilakukan oleh Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor.

Iklan Samping 300×250

“Ini merupakan objek wisata baru bagi Kalsel, maka dari itu kita harus mempromosikan bersama-sama. Dengan promosi yang terus dilakukan, agrowisata durian Bi-ih dapat dikembangkan sebagai sebagai alternative, berkelanjutan, dan berdaya saing,” ujar Sahbirin.

Pria yang akrap disapa Paman Birin ini mengaku bangga dan berterima kasih atas penghormatan yang diberikan oleh masyarakat Desa Biih untuk memberikan nama kepada salah satu durian yang ada di Desa Biih.

“Alhamdulillah, saya diberikan kepercayaan dan kehormatan untuk memberikan nama kepada durian yang ada di Desa Bi-ih, dengan Bismillahirrahmanirrahim, durian ini saya beri nama Si Galuh Manis” ucap Paman Birin yang disambut tepuk tangan oleh semua hadirin.

Sementara itu, Bupati Banjar, KH Khalilurrahman, mengaku bangga akan potensi yang dimiliki oleh Kabupaten Banjar, karena ada beberapa varieta atau jenis durian dari Kabupaten Banjar termasuk dalam varietas unggulan nasional.

Khalilurrahman berharap, Agrowisata Durian Biih tidak hanya dapat menjadi destinasi wisata tetap juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.(jejakrekam)

Penulis : Sayyidil Ahmada

Editor  : Didi G Sanusi
Foto     : Biro Humpro Kalsel

 

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.