Bawaslu Kalsel Prediksi Keterlibatan ASN Paling Rawan

0

PENGAWASAN khusus dan melekat dipastikan akan dilakoni jajaran Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kalsel terhadap pemeriksaan kesehatan menyeluruh (medical check-up), tes pskilogi, dan tes narkoba yang dipusatkan di RSUD Ulin, Jalan Achmad Yani Km 2, Banjarmasin, sejak 11-13 Januari 2018.

KETUA Bawaslu Kalsel, Iwan Setiawan mengungkapkan pemeriksaan bagi 9 pasangan bakal calon bupati-wakil bupati di empat kabupaten yakni Hulu Sungai Selatan (HSS), Tanah Laut (Tala), Tabalong dan Tapin, diawasi secara ketat  jajaran Panwaslu empat daerah tersebut.

“Bukan hanya sehat jasmani dan batin, para calon kepala daerah di empat kabupaten ini harus benar-benar bebas dari narkoba,” kata Iwan Setiawan kepada jejakrekam.com, Kamis (11/1/2018).

Menurutnya, agar dalam perhelatan Pilkada 2018 bisa dicegah dan ditindak aksi curang, Bawaslu Kalsel telah membentuk tim khusus, termasuk mengawasi keterlibatan para aparatur sipil negara (ASN) di empat kabupaten yang berpartisipasi atau terlibat dalam tim sukses atau pemenangan dan lainnya.

“Dari hasl monitoring dan prediksi di empat kabupaten ini, jelas keterlibatan ASN sangat rawan. Apalagi, keempat kabupaten ini melibatkan calon incumbent yang akan bertarung di Pilkada 2018. Kalau terbukti tak netral, maka ASN itu akan kami tindak,” tegas Iwan Setiawan.

Mantan Ketua Panwaslu Banjarbaru ini mengimbau agar para calon incumbent atau kandidat lainnya, termasuk tim sukses tidak melibatkan para ASN baik di masa sosialisasi maupun kampanye mendatang.

“Para ASN juga kami ingatkan agar bisa menahan diri untuk tidak melibatkan diri mendukung salah satu kandidat,” tandasnya.(jejakrekam)

Penulis : Asyikin

Editor   : Didi GS

Foto     : Istimewa

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.