PUPR Ingatkan Pengembang Jangan Pelit Soal Fasum

0

KEMENTERIAN Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memberikan apresiasi yang tinggi terhadap pengembangan perumahan PT Herlina Perkasa di Sungai Andai Banjarmasin Utara.

APA PASAL? Ternyata kawasan perumahan bersubsidi tersebut, memiliki fasilitas umum (dasum) yang sangat lengkap seperti sekolah, masjid, ruang terbuka hijau, puskesmas, dan lainnya.

“ Ya, pengembang perumahan tidak boleh pelit dalam menyediakan Fasilitas Umum (Fasum) di kawasan perumahan yang dibangunnya,” ucap Direktur Rumah Umum dan Komersial Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Dr Dadang Rukmana saat melakukan peninjauan langsung kawasan perumahan bersubsidi yang dibangun oleh PT Herlina Perkasa, Selasa (9/1/2018) di Kelurahan Sungai Andai Banjarmasin.

Menurut Dadang, pengembang perumahan dengan memenuhi fasilitas umum, maka sangat mendukung program pemerintah dalam menyalurkan subsidi di bidang perumahan masyarakat berpenghasilan rendah. “Ini penting untuk mendukung agar kehidupan masyarakat disana jauh lebih layak dan terhindar menjadi kawasan yang dicap kumuh,” ucapnya.

Bagi Dadang, PT Herlina Perkasa merupakan salah satu contoh pengembang perumahan di Kalsel yang punya komitmen tinggi untuk membangun Fasum yang layak bagi masyarakat yang membeli rumah bersubsidi ditempat mereka. Bahkan fasilitas umumnya jauh dari kata standar, namun luar biasa, karena pembangunan fasumnya cukup lengkap.

“Ini bisa menjadi contoh bagi pengembang perumahan lainnya agar bagaimana caranya dapat memanusiakan masyarakat yang tinggal dikawasan perumahan bersubsidi. Kita harapkan akan banyak lagi kawasan seperti di Kalsel ke depan,” ucap Dadang.

Pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR sendiri dikatakan Dadang lagi, terus berupaya mendorong berbagai kemudahan agar pengembang perumahan bersubsidi makin mudah dalam menyediakan perumahan murah bagi masyarakat.

“Salah satunya dengan memangkas bahkan menggratiskan berbagai perizinan bekerjasama dengan pemerintah daerah. Namun tentunya harus kita akui masih belum merata, tapi terus kita sosialisasikan agar segera dilakukan di seluruh daerah di Indonesia,” ucap Dadang.

Untuk itu, Dadang menyarankan, agar perumahan PT Herlina Perkasa di Sungai Andai dapat diresmikan Presiden Jokowi pada 2018 ini.

Sementara itu, Owner PT Herlina Perkasa H Hasbullah mengakui pembangunan fasum di kawasan perumahan seribu bersubsidi di daerah Sungai Andai terus dilakukan pihaknya secara mandiri, termasuk bekerjasama dengan Pemkot Banjarmasin.

Baginya, pembangunan fasum yang lengkap, diharapkan dapat menjadi salah satu cara agar masyarakat Banjarmasin makin tertarik bermukim dikawasan Sungai Andai.

“Kalau ditotal sekarang perumahan bersubsidi yang ada di Sungai Andai ini sudah sekitar 15.000 unit. Hal tersebut artinya sudah cukup membuktikan bahwa masyarakat Banjarmasin sangat tertarik bermukim dikawasan Sungai Andai. Kami juga masih menyusun agar Presiden Jokowi bisa meresmikan perumahan PT Herlina Perkasa, sebab sudah tiga menteri yang datang mengunjungi Herlina Perkasa,” tutur Hasbullah. (jejakrekam)

Penulis : Economics

Editor   : Afdi Achmad

Foto     :  jejakrekam

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.