Pantau Harga, Ombudsman Dampingi Operasi Pasar Bulog

OPERASI pasar yang digelar Badan Urusan Logistik (Bulog) dipantau Ombdusman Kalimantan Selatan. Pemantauan ini berlangsung di sejumlah pasar yang ada di Banjarmasin dan sekitarnya. Ada beberapa pasar yang dipantau Pasar Sentra Antasari, Pasar Lama, dan Pasar Kertak Hanyar dipantau Bulog bersama Ombudsman, Selasa (9/1/2018).

KEPALA Ombudsman Perwakilan Kalsel Noorhalis Majid bersama para asisten mendampingi  Kepala Bidang Operasional dan Pelayanan Publik Bulog Divre Bulog Kalsel Agus Setiawan dan Kasi Analisa Harga Pasar Bulog Kalsel, Budiawan.

Pemantauan bersama di sejumlah pasar ini untuk memastikan tersedianya beras murah bagi masyarakat. Termasuk, gula dan minyak goreng yang harus dijual sesuai harga eceran terendah (HET) di Pasar Sentra Antasari, Pasar Lama dan Pasar Kertak Hanyar.

Dari hasil pantauan, harga beras medium yang ditetapkan Bulog sebesar Rp 40 ribu per 5 kilogram atau Rp 6.500 per liter. Sedangkan, minyak goreng dibandrol Rp 12 ribu per liter, dan gula Rp 12 ribu per kilogram. Bahkan, harga yang dijual masih lebih rendah dibanding harga beras premium, sehingga bisa menjadi alternatif bagi masyarakat yang membutuhkan.

Iklan Samping 300×250

“Dari hasil pantauan, memang masyarakat Banjarmasin dan sekitarnya masih memilih beras lokal, walau pun harganya jauh lebih mahal. Namun, dengan tersedianya beras Bulog di Pasar, tentu bisa dipastikan proses distribusinya lancar, serta bisa menjadi pilihan kualitas dan harga terendah sesuai kemampuan masyarakat,” tutur Kepala Ombudsman Perwakilan Kalsel, Noorhalis Majid kepada jejakrekam.com, Selasa (9/1/2018).

Menurut Majid, pemantauan di sejumlah pasar ini bisa memastikan bahwa stok beras yang ada di pasar dan gudang Bulog tergolong aman. “Kami menginginkan agar operasi pasar bisa dilakukan, agar stabilitas harga terjaga. Sebab, harga beras yang terjangkau merupakan bentuk layanan negara kepada rakyatnya,” ucapnya.(jejakrekam)

Penulis : Ahmad Husaini

Editor   : Didi G Sanusi

Foto      : Istimewa

Anda mungkin juga berminat
Loading...

Pantau Harga, Ombudsman Dampingi Operasi Pasar Bulog