Bawaslu Kalsel Catat Pasangan Bacalon Penuhi Syarat

0

PROSES pendaftaran pasangan bakal calon bupati-wakil bupati di empat kabupaten yakni Hulu Sungai Selatan (HSS), Tabalong, Tapin dan Tanah Laut (Tala) sejak 8-10 Januari 2018, akan diawai ketat jaringan Bawaslu Kalsel dan Panwaslu di daerah. Dari hasil pemantauan Bawaslu Kalsel, sejak 8-9 Januari 2018, bisa dihimpun data dan fakta dari para pasangan bakal calon baik jalur independen maupun usungan parpol yang maju bertarung di Pilkada 2018.

DALAM rilis hasil pengawasan Pilkada 2018 yang dikirim Bawaslu Kalsel kepada jejakrekam.com, Selasa (9/1/2018) untuk duet usungan Partai Gerindra, PKS, dan PKPI di Tanah Laut yakni Sukamta-Abdi Rahman dinyatakan telah memenuhi syarat.

Berlanjut ke pasangan calon petahana di Tapin, M Arifin Arpan menggandeng Syafrudin Noor yang didampuk mayoritas parpol, yakni Partai golkar, PPP, PKB, PDIP, PAN, PKS, Partai Demokrat, dan Partai Gerindra juga dinyatakan memenuhi syarat.

Bergeser ke Kabupaten HSS, Bawaslu Kalsel juga mencatat pasangan Muhammad Najamudin-HM Ridha yang maju lewat jalur independen, dicatat memenuhi syarat. Selanjutnya, disusul duet petahana, Bupati Achmad Fikry dan Ketua DPRD HSS Syamsuri Yusuf disokong Partai Golkar, PKS, Partai Demokrat, Partai NasDem, Partai Gerindra serta PBB, juga memenuhi syarat.

Teranyar, pada Selasa (9/1/2018), duet calon perseorangan H Noorhasani-Eddyan Noor Idur yang mendaftarkan diri ke KPUD Tabalong juga memenuhi berkas pencalonan alias MS.

Dari temuan Bawaslu Kalsel tercatat, Partai Gerindra di Kabupaten HSS belum bisa dinyatakan bagian dari gabungan parpol pengusung bakal calon Achmad Fikry-Syamsuri Arsyad. Dari rilis Bawaslu Kaslel yang diketuai Iwan Setiawan ini mengatakan saat pendaftaran, ternyata Ketua DPC Partai Gerindra HSS belum meneken surat pernyataan dukungan karena sedang umrah.

“Makanya, Partai Gerindra diberi waktu hingga 10 Januari 2018 untuk melakukan perbaikan dan akan diawasi secara khusus oleh jajaran pengawas pemilu,” tulis Ketua Bawaslu Kalsel, Iwan Setiawan.

Sementara itu, pada Selasa (9/1/2018) di Tanjung, H Norhasani-Eddyanoor Idur  yang akrab disapa H Sani-Idur mendaftarkan diri ke KPUD Tabalong, sebagai pendaftar pertama di Pilkada Bumi Sarabakawa.

“Rencananya, pasangan bakal calon petahana, Anang Syakhfiani-Mawardi akan mendaftar pada besok (Rabu, 10/1/2018) pada pukul 10.00 Wita, Nantinya, disusul pasangan dari jalur perseorangan, Winarto-Ali Sibqi,” tutur komisioner Panwaslu Tabalong, Fahmi Failasofa.

Mengenai ada figur lain seperti Zony Alfianoor (Wakil Bupati Tabalong), Hj Farida Marlan dan Kusmayadi Uwis yang santer bakal mendaftarkan diri sebagai kandidat, diakui Fahmi Failasofa belum informasi yang valid.(jejakrekam)

Penulis : Ahmad Husaini

Editor   : Didi G Sanusi

Foto      : Dok Syahminan

 

 

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.