Peternak Kerbau Rawa Demo di Jalan Tambang Adaro

0

RATUSAN warga Desa Rangga Ilung,  Kecamatan Jenamas, Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah, berunjuk rasa Senin (8/1/2018) pagi. Mereka yang kebanyakan para peternak kerbau rawa, menggelar aksi damai di jalan tambang menuju Pelabuhan Klanis milik PT Adaro Indonesia. 

DALAM aksinya,  massa yang tergabung di Kelompok 66 ini,  menuntut hak atas tanah mereka seluas 25 hektaer yang selama ini digunakan untuk sebagian jalan tambang menuju Pelabuhan Klanis tersebut. Lahan 2,5 hektar yang diklaim massa ini,  berada di titik 0,5 KM hingga 5,5 KM.

Lahan tersebuts dulunya merupakan kawasan kerbau rawa yang merupakan hak ulayat warga Desa Rangga Ilung. Kemudian, sejak tahun 1997, digunakan sebagai jalan tambang. Namun, warga tidak pernah menerima kompensasi.

Warga, melalui kuasa hukum mereka dari Joy Morris Siagian and Partner, sudah tiga kali melayangkan somasi ke PT Adaro Indonesia. Namun tidak pernah ditanggapi.

Tokoh masyarakat Desa Rangga Ilung,  Syahruni mengatakan pihaknya selama ini merasa dirugikan. Karena sejak ada jalan tambang tersebut,  habitat kerbau rawa mereka berkurang.

“Selama ini, kami sudah sangat koorperatif menyampaikan tuntutan dengan jalan damai. Tapi,  PT Adaro Indonesia sepertinya tidak ada niat baik. Makanya kami turun ke jalan,” kata Syahruni.

Menurut Joy Moris Siagian, kuasa hukum warga Desa Rangga Ilung,  aksi ini merupakan dampak dari kekecewaan warga karena tuntutan kliennya tidak pernah ditanggapi perusahaan pertambangan batubara ini. “Kalau aksinya juga tidak ditanggapi, warga mengancam menutup jalan tambang,” kata Joy.(jejakrekam)

Penulis  : Deden

Editor    : Didi GS

Foto       : Deden

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.