Kapolda Sambangi Gudang Bulog, Stok Bahan Pokok Aman

0

KEPALA Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan, Brigjen Pol Rachmat Mulyana mengungkapkan, stok pangan di Kalsel cukup aman. “Kami melakukan pengecekan ke  gudang Bulog Kalsel, dan stok pangan sangat mencukupi hingga akhir tahun,” ucap Kapolda Kalsel didampingi Kadivre Bulog Kalsel Dedi Supriadi, bersama jajaran saat meninjau di Gudang Bulog Jalan A Yani Km 22 Landasan Ulin, Kota Banjarbaru kepada wartawan, Jumat (29/12/2017).

MENURUT jenderal bintang satu ini, satuan tugas khusus (Satgasus) pangan terus melakukan pengawasan sesuai dengan waktu yang ditentukan pemerintah. Bahkan, Rachmat memastikan, selama melakukan pemantauan pangan di Kalsel, sangat cukup persedian bahan pokok seperti gula, beras, daging dengan kualitas yang terpenuhi.

“Kita ingin kebutuhan pokok masyarakat terpenuhi, dan tak merugikan konsumen, terhadap kualitas bahan pokok, termasuk harga masih di bawah harga eceran tertinggi (HET),” tandas pria asal Jawa Barat ini.

Tampak sampai kini tidak ditemukan penyimpangan bahan pokok, dan bersama-sama melakukan pengawasan secara terpadu, sehingga muncul rasa aman di Kalimantan Selatan.

Kepala Divisi Regional Badan Urusan Logistik (Bulog) Kalimantan Selatan Dedi Supriadi menyebutkan, stok beras mencapai 16.500 ton, dan telah disalurkan ranstra, sehingga kini tersedia sisa 14.000 ton. “Persediaan beras untuk enam bulan ke depan sangat aman,” tuturnya.

Sedang stok gula sebanyak 3.200 ton, diperkiran bertahan sampai Februari 2018. Begitu pula, minyak goreng 18.000 liter tersedia, dan kebutuhan untuk masyarakat Kalsel terpenuhi. Tidak ketinggalan bawang dan daging kerbau juga disediakan pihak Bulog Kalsel.

Penyebaran bahan pokok bisa melalui operasi pasar dan rumah pangan kita (RPK) yang mencapai 415 buah. “Target RPK sebanyak 2004, sesuai arahan Gubernur Kalsel, sehingga konsumsi untuk masyarakat terpenuhi,” ucap Dedi.

Masih menurut dia,  hingga kini, stok beras masih aman terhitung sejak Kamis (28/12/2017) pukul 15.00 Wita, tercatat ada 14.153 ton. “Stok beras ini cukup sampai enam bulan ke depan, ketersedian daging 400 kilogram dari 500 kilogram dengan harga Rp 80 ribu. Lalu, minyak goreng 18 ribu liter seharga Rp 12.500/liter, gula 4 ribu seharga Rp 12.500/kilogram,” papar Dedi.

Masih menurut Dedi, data yang didapat di Gudang Bulog hingga kini, stok beras mencapai 14. 153 ton terdiri dari Gudang Bulog Baru sebanyak 5.500 ton, Gudang Barabai 4.418 ton, Gudang Kotabaru 262 ton, dan Gudang Trisakti Banjarmasin 3.300 ton.(jejakrekam)

Penulis : Asyikin

Editor   : Afdi Achmad

Foto     : Istimewa

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.