jejakrekam.com

semua ada di sini

Tuesday 23rd January 2018

HKTI HSU Target Lahan Tidur Bisa Lebih Produktif

HKTI HSU Target Lahan Tidur Bisa Lebih Produktif

SECARA aklamasi, H Akhmad Farhani terpilih sebagai Ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Cabang Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) periode 2017-2022 dalam Musyawarah Daerah HKTI Cabang HSU di Pendopo H Akhmad Farhani, Amuntai, Senin (25/12/2017).

MUSDA HKTI Kabupaten HSU ini dibuka langsung Ketua DPD HKTI Kalsel, M Rifqinizamy Karsayuda dan dihadiri pengurus provinsi, dan pengurus kabupaten dan kota serta ratusan pengurus 10 kecamatan yang ada di HSU.

“Saya bangga dan menyambut baik Musda HKTI HSU yang paling meriah dibandingkan kabupaten dan kota se-Kalsel. Organisasi ini merupakan tonggak awal untuk sarana berjuang dalam menyejahterakan petani. Apalagi, HSU memiliki 89 ribu hektare rawa. Tentu kondisi alam ini menjadi tantangan, sehingga perlu banyak inovasi dalam mengelola rawa,” kata Ketua DPD HKTI Kalsel, M Rifqinizamy Karsayuda.

Menurutnya, tantangan alam menjadi pekerjaan rumah bagi para petani dalam melakukan terobosan. Namun, kata Rifqi-sapaan akrabnya, hal itu tak mungkin terwujud jika dikerjakan sendiri-sendiri.  “Selama ini, kendala yang dihadapi para petani berkaitan dengan pupuk yang langka. Untuk itu, HKTI dapat mengawal keberadaan pupuk dan bekerjasama dengan aparat kepolisian. Pupuk bisa hilang di pasaran, jadi kita wajib memperjuangannya,” kata mantan dosen Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat (ULM) ini.

Rifqi juga mengingatkaan agar HKTI jangan hanya berkutat pada acara seremonial pelantikan pengurus, dan pergantian selanjutnya saja, namun harus ada program yang jelas. “Yang harus kita perhatikan masalah bibit, pupuk dan masalah pemasaran. Hal ini harus kerja bersama demi menyejahterakan petani,” kata politisi PAN ini.

Sementara itu, Ketua DPC HKTI HSU terpilih, H Akhmad Farhani mengucapkan terima kasih kepada 10 pengurus HKTI kecamatan yang telah memberikan kepercayaan kepada dirinya untuk menakhodai organisasi para petani dan nelayan itu.

“Saya berjanji akan berjuang untuk kesejahteraan petani, kalau petani sejahtera sudah pasti akan memiliki kedamaian dan kebahagian. Saya juga siap menerima masukan petani, setiap masukan akan kita rapatkan dengan pengurus HKTI HSU, guna menyampaikan kepada mitra kita pemerintah daerah,” kata Farhani.

Anggota DPRD HSU ini mengatakan akan berusaha menyampaikan kepada Kementerian Pertanian, terkait masalah lahan tidur yang ada di Kabupaten HSU agar menjadi produktif. “Mohon doa dan bantuan untuk menjalankan roda organisasi ini. Tujuan kita untuk meningkatkan kesejahteraan petani,” cetus Fahrani.

Sedangkan, Sekretaris HKTI HSU Ilhamsyah Noor menambahkan, potensi lahan pertanian mencapai 60 ribu hektar, yang dapat digarap petani hanya 36 ribu hektar. Ia mengatakan tanam padi dalam setahun lima kali tanam, namun satu kali panen. “Masih banyak kendala, ini harus bersama-sama untuk memperjuangkan untuk kesejahteraan petani,” katanya

Ia mengatakan, pengurus HKTI sepuluh kecamatan kepengurusan banyak diisi mayoritas petani 70 persen petani, agar bisa meningkatkan pendapatan para petani. “Kendala di Kabupaten HSU adalah faktor banjir serta rencana kerja belum maksimal. Saya berharap dengan hadirnya HKTI HSU bisa bersama-sama meningkatkan kesejahteraan petani,” pungkas Ilhamsyah. (jejakrekam)

Penulis : M Yusuf

Editor   : Fahriza

Foto      : M Yusuf

 

 

Tags: , , ,
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan