SMKN 5 Banjarmasin Sabet Gelar Sekolah Hebat Nasional

0

MELALUI perjuangan yang cukup panjang selama setahun penilaian, akhirnya SMKN 5 Banjarmasin menyabet penghargaan Award Sekolah Hebat 2017 dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy di Hotel Gajah Mada Malang, Jumat (23/12/2017).

PRESTASI sekolah yang dulu bernama STM Hastemsin di Jalan Sutoyo S, Teluk Dalam Banjarmasin, bukan sembarangan. Ada 13.800 SMK seluruh Indonesia yang dinilai tim Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan selama setahun, dalam menentukan sekolah terhebat untuk kategori standar kompetensi lulusan dan keberkerjaan.

“Saat penilaian berlangsung dari 13.800 SMK seluruh Indonesia, pelaporan keterserapan alumni melalui Bursa Kerja Khusus (BKK) yang dapat diakses dan dilihat melalui website Direktor Pembinaan SMK Kemendikbud, ternyata SMKN 5 Banjarmasin menempati posisi pertama nasional,” kata Kepala SMKN 5 Banjarmasin, Syahrir kepada jejakrekam.com, Minggu (24/12/2017).

Keyakinan Kemendikbud terhadap kiprah SMKN 5 Banjarmasin yang juga dikenal dengan STM Banjarmasin  adalah seminar online tentang BKK yang diikuti secara nasional dan internasional oleh tim BKK SMKN5 Banjarmasin.

“Bukan hanya keterserapan lulusan yang menjadi pilihan penyelenggara, tetapi banyak aspek lain yang dinilai. Di antaranya menjawab tantangan Inpres Nomor 9 Tahun  2016, SMKN 5 Banjarmasin sudah menjalin kerjasama dengan industri dan lembaga lain baik dalam negeri maupun luar negeri,” kata Syahrir.

Kandidat doktor Untag Surabaya ini mengungkapkan SMKN 5  Banjarmasin juga telah mengirim guru dan siswa ke luar negeri, seperti ke Australia, Filipina, serta beberapa collage atau lembaga pendidikan di Thailand.

“Kami juga pernah mengirim guru untuk mengajar di Kamboja seperti di Siem Reap, Phnom Penh, Tokyo (Jepang), Moscow (Rusia). Kemudian, mengirim guru untuk pendidikan di Jepang, Jerman, serta mengirim guru dan siswa ke Amerika Serikat. Bahkan, termasuk mengirim siswa dan guru untuk berkompetisi di Marching Band di Malaysia. Ya, banyak pretasi yang diukir SMKN 5 Banjarmasin,” papar Syahrir.

Tak hanya SMKN 5 Banjarmasin, ternyata SMKN 1 Batumandi, Kabupaten Balangan juga menyabet penghargaan dari Mendikbud Muhadjir Effendy. Hanya saja, kategori SMKN 1 Batumandi berbeda dengan SMKN 5 Banjarmasin.(jejakrekam)

Penulis : Asyikin

Editor   : Didi GS

Foto     : Istimewa

 

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.