Gerak Jalan Kemenag Diikuti Peserta Lintas Agama di Kalsel

0

GERAK jalan sehat di depan Kantor Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Kalimantan Selatan, dengan rute Jalan DI Panjaitan, Jalan AS Musyaffa, Jalan Kapten Piere Tendean dan finish di tempat semula diikuti 3.000 peserta lintas agama, Sabtu (23/12/2017).

OLAHRAGA santai dan keluarga ini digelar untuk memperingati Hari Amal Bakti (HAB) ke-72 Kemenag RI untuk menciptakan rasa aman dan damai dalam menghadapi perayaan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018.

Hal ini dirasakan para peserta dari komunitas Islam, Kristen, Budha, Konghucu dan lainnya, serta seluruh siswa dan guru madrasah se-Kalimantan Selatan. Untuk memompa semangat para peserta, Kanwil Kemenag Kalsel pun menyediakan door prize sebanyak 257 hadiah terdiri dari hadiah umroh untuk dua orang, satu buah sepeda motor, satu sepeda, kulkas, televisi serta banyak hadiah lainnya.

“Kegiatan gerak jalan sehat ini juga bisa menunjukkan bahwa masyarakat Kalimantan Selatan cinta damai. Kita bisa merangkul semua penganut agama yang ada di sini. Jangan lagi memandang apakah mereka itu minoritas atau mayoritas. Apalagi, saat ini perayaan Natal sudah dekat, sehingga kita wajib menjaga kedamaian bersama,” ucap Kepala Kanwil Kemenag Kalsel, Noor Fahmi dalam sambutannya.

Sementara itu, Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor juga bangga karena peserta bukan hanya lintas pemeluk agama, namun juga multietnis bukan hanya mayoritas suku Banjar, tetapi ada berasal dari Sulawesi, Jawa, Madura, Bugis, Batak dan lainnya.

“Kalsel memang luar biasa. Sebab, singkatan Kalsel bukan hanya Kalimantan Selatan, tapi juga berarti Kalian Selamat. Nah, siapa saja yang datang ke Kalsel pasti mereka akan selamat,” kata Sahbirin Noor.

Untuk menyambut perayaan Natal dan Tahun 2018, kembali Paman Birin-sapaan akrab gubernur ini, agar seluruh umat beragama yang ada di Kalsel bisa menjaga kedamaian dan kerukunan. “Sebab, untuk menjaga kerukunan antar umat beragama itu bukan hanya dibebankan kepada Kementerian Agama, tapi  tanggungjawab kita semua. Semoga pada 2018, Kalsel semakin sukses,” tandasnya.

Sebelum mengibarkan bendera start gerakan jalan santai dan damai itu, Gubernur H Sahbirin Noor didampingi Kepala Kanwil Kemenag Kalsel Noor Fahmi beserta pejabat lainnya, tradisi pelepasan burung dara pertanda kedamaian dilakukan mereka secara serentak.(jejakrekam)

Penulis : Asyikin

Editor   : Didi G Sanusi

Foto     : Asyikin

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.