Guru Honorer Desa Buas-Buas Tersenyum Terima Bantuan

0

TANGIS haru langsung pecah di Aula Kantor Camat Candi Laras Utara, Kabupaten Tapin, akhir pekan tadi. Adalah seorang perempuan muda, yang menjadi pusat perhatian di pertemuan khusus di Kecamatan paling utara, kabupaten Tapin.

NAMANYA Rusmiati. Seorang perempuan berprofesi sebagai guru honor ini, tak kuasa menyembunyikan perasaan harunya saat menerima bantuan dari sebuah perusahaan perkebunan sawit.Bukan masalah besar-kecilnya bantuan yang diperoleh, namun perhatian terhadap para guru honorer terutama guru taman kanak-kanak di di Desa Buas-Buas, membuat dirinya meneteskan air mata.

Bersama sejumlah guru honorer lainnya, Rusmiati mendapatkan dana operasional untuk mengabdi sebagai guru honor, yang diberikan PT Tri Buana Mas Tbk, anak perusahaan grup Astro Agro Lestari Tbk.  Perjuangannya mengabdi dengan gaji tak seberapa di kawasan pelosok, menempatkan Rusmiati menjadi salah satu guru honor yang diberikan bantuan dana peduli pendidikan.

Mengabdi  bertahun-tahun dengan gaji tak seberapa, tidak menyurutkan semangat Rusmiati dan kawan-kawan mendidik anak-anak yang berada di ujung kampung, yakni Desa Buas-Buas. Ternyata berkah di penghujung tahun menghampiri dirinya, diberikan bantuan untuk keperluan menjalankan pengabdian sebagai guru taman-taman kanak.

“Alhamdulillah, bertahun-tahun kami mengabdi dengan serba keterbatasan, baru kali para guru honor mendapat perhatian dan bantuan. Kami bersyukur sekali, masih ada yang peduli untuk kami, padahal untuk biaya operasional bergantung dari sumbangan orangtua murid dan patungan dana guru honor. Ulun terharu, karena bantuan ini sangat berarti bagi kami.Terima kasih Pak Selamet dan PT TBM, terima kasih Pak Camat,” ucap Rusmiati dengan mata berkaca-kaca usai menerima bantuan peduli pendidikan dari PT Tri Buana Mas, Tbk.

Tak hanya Rusmiati, sejumlah siswa sekolah dasar dan menengah pun ikut terharu. Di tengah situasi perekonomian yang belum membaik dan penghidupan orangtua mereka sebagai petani dan buruh yang pas-pasan, anugerah bantuan beasiswa datang di antara hujan dan banjir di bulan Desember.Karenanya beasiswa pendidikan dari dunia usaha ini, bagaikan oase.

Asmaul Husna misalnya, murid kelas V SDN Buas-Buas, mengaku bagaikan mimpi saja. Karena tak mengira bantuan beasiswa akhirnya bisa ia terima bersama teman-temannya yang lain. Karenanya ketika melihat Ibu Guru Rusmiati menangis, Asmaul Husna dan temannya Alfisah,ikut-ikutan terharu.

“ Bujur jar Abah Mama ulun ( betul apa kata abah dan mama saya,red ), jika rajin belajar dan pintar suatu saat berbuah manis. Anugerah tak terkira akan menghampiri. Alhamdulillah doa ulun dan kawan-kawan dikabulkan. Hingga akhirnya kami mendapat bantuan beasiswa peduli pendidikan dari Tri Buana Mas,” ujar Asmaul Husna terharu sambil memperlihatkan piagam penghargaan yang meliputnya kemarin.

Program beasiswa bagi anak-anak dan uang pembinaan untuk guru honorer di Kecamatan Candi Laras Utara, Kabupaten Tapin, merupakan episode lanjutan yang dilakukan PT Tri Buana Mas Tbk. Pengujung Desember 2017, lagi-lagi Kecamatan Candi Laras Utara, mendapat kucuran dana peduli pendidikan melalui tangan swasta. Sudah barang tentu bantuan berkelanjutan untuk memajukan dunia pendidikan di kecamatan ini, mendapat apresiasi warga dan Muspika Candi Laras Utara.

Apalagi bantuan juga diserahkan secara langsung kepada para penerima oleh H.Parianata,Camat Candi Laras Utara, Iptu Pol Indra Wahyu Wibowo, Danramil Kapten Waluyo, disaksikan manajemen PT Tri Buana Mas Tbk.

“Mudah-mudahan apa yang dilakukan PT.Tri Buana Mas Tbk, ini bisa memberikan manfaat yang luar biasa bagi warga kami. Semoga proram ini berkesinambungan dan menjadi percontohan nasional, bagaimana peran swasta turut mencerdaskan bangsa khususnya dunia pendidikan.Kami sangat mengapresiasi sekali pekerjaan mulia Bapak-bapak dari perusahaan perkebunan sawit ini,” ungkap H.Parianata, Camat Candi Laras Utara, yang mengaku bersyukur daerahnya diberikan kepercayaan untuk jadi kawasan peningkatan pendidikan oleh perusahaan perkebunan.

Humas PT Tri Buana Mas Tbk, Selamet Riadi, menegaskan apa yang dilakukan semata-mata wujud kepedulian perusahan membantu pemerintah untuk mencerdaskan bangsa. Bantuan sendiri yang dikemas dalam beasiswa peduli pendidikan dan bantuan operasional untuk TK dan PAUD, termasuk para guru honor.

Bagi perusahaan sekelas Tri Buana Mas, ini merupakan tanggung jawab moral untuk berperan nyata dalam memajukan dunia pendidikan di banua. Apalagi kegiatan ini juga mendapat apresiasi berbagai kalangan penggiat pendidikan. Diharapkan bantuan ini bisa meningkatkan semangat anak-anak untuk lebih rajin lagi belajar, sedangkan bainigi guru honorer bisa menunjang operasional dalam menjalankan tugas mulia sebagai guru.

“Kami ingin berbagi peduli, sudah kewajiban bersama peduli memajukan dunia pendidikan khususnya di banua. Apa yang kami lakukan sebagai upaya turut berperan serta dan nyata dalam program pemerinta mencerdaskan bangsa. Semoga menjadi motivasi bagi anak-anak giat belajar lagi. Bagi guru honor semoga bermanfaat dan menjadi pendidik yang tangguh, meskipun bertugas di pelosok,” papar Selamet Riadi, Humas PT.Tri Buana Mas Tbk, di sela-sela penyerahan bantuan beasiswa pendidikan.(jejakrekam)

Penulis : Olpah Sari Risanta

Editor   : Fahriza

Foto      : Risanta

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.