Tahun Depan, Sekat Kanal Jadi Pilihan Restorasi Gambut

JELANG tutup buku, alokasi pemulihan lahan gambut yang ditangani Tim Restorasi Gambut (TRG) diklaim Saut Nathan Samosir telah menunjukkan hasil. Ketua TRG Kalsel ini mengatakan selama 2017, telah dirampungkan beberapa paket pembangunan di sejumlah kabupaten yang ada di Kalimantan Selatan.

“PEMBANGUNAN 125 sumur bor di Kabupaten Barito Kuala dengan paket revitalisasi ekonomi di empat desa sudah berhasil dilakukan. Bahkan, di empat desa ini juga telah dikembangkan peternakan itik dan budidaya tanaman sayur mayur,” ucap Saut Nathan Samosir kepada wartawan di Banjarmasin, Jumat (15/12/2017).

Ketua Seknas Jokowi Kalsel ini juga menyebut ada 30 sumur bor dengan lima paket revilitasi ekonomi yakni pembudidayaan ikan nila dan papuyu, hingga revitalisasi terpadu di lahan masyarakat seluas satu hektare di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) telah terealisasi.

“Rencananya, tahun depan kami akan membangun 40 sekat kanal di Pulau Damar, Kecamatan Banjang, Kabupaten Hulu Sungai Utara. Teramsuk, paket ekonomi yang cocok adalah pembudidayaan tananam nenas serta jenis tanaman yang cocok dengan karakteristik lahan gambut di daerah itu,” beber Saut.

Iklan Samping 300×250

Bersama Deputi IV Revitalisasi Sosial Ekonomi dan Universitas Lambung Mangkurat (ULM), Saut mengungkapkan ada lima sekat kanal yang akan dibangun, termasuk dua penelitian serta proyek percontohan terpadu hutan lindung bersama masyarakat Banjarbaru. “Nantinya, di lahan seluas 2,5 hektare itu akan ditanami sayur mayur dan peternakan lebah madu,” tandasnya.(jejakrekam)

Penulis : Iman S

Editor   : Didi GS

Foto      : Geomagz.com

 

 

Anda mungkin juga berminat
Loading...

Tahun Depan, Sekat Kanal Jadi Pilihan Restorasi Gambut