Hujan Hampir Tiap Hari, Kota Kandangan pun Kebanjiran

0

CURAH hujan yang tinggi, juga mengakibatkan Kota Kandangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) turut diserbu air. Ketinggian cukup tinggi selutut orang dewasa sempat merendam Kantor KPUD HSS dan Kantor Dinas Pertanian HSS di Jalan Singkarsa, Kandangan, Kecamatan Kandangan Kota, Jumat (15/12/2017).

LUAPAN air hujan yang meninggikan Sungai Amandit ini, mengakibatkan sejumlah perkantoran dan fasilitas publik turut kebanjiran. Durasinya juga cukup panjang, sejak pukul 03.00 Wita, saat hujan turun lebat dan air sungai naik, baru bisa turun atau surut sekitar pukul 11.00 Wita.

“Ya, akibat curah hujan yang tinggi, hampir tiap hari akhirnya menambah debit air Sungai Amandit. Bukan hanya kantor kami, beberapa kantor dan rumah warga lainnya juga terendam hampir setinggi 50 centimeter,” ucap Ketua KPUD HSS, Imron Rosadi saat dikontak jejakrekam.com, Jumat (15/12/2017).

Meski Kota Kandangan mengalami banjir, Imron mengatakan tak ada kerugian yang diderita warga. Namun, Imron sebagai warga Kandangan tetap berharap agar Pemkab Hulu Sungai Selatan segera membenahi sistem drainase perkotaan, agar air bisa tersalur dengan baik di sungai-sungai kecil hingga ke Sungai Amandit.

“Seharusnya, Pemkab HSS segera membehani drainase. Sebab, saluran air yang ada mengelilingi kota ini sudah mengalami pendangkalan, bahkan tak berfungsi baik,” tandasnya.(jejakrekam)

Penulis : Asyikin

Editor   : Fahriza

Foto     : Istimewa

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.