Donor Darah 100 Kali, 6 Warga Kalsel Diundang ke Istana

0

MENDONORKAN darah sebanyak 100 kali lebih, 6 warga Kalimantan Selatan akan diundang Presiden RI Joko Widodo untuk hadir menerima penghargaan atas aksi kemanusiaan di Istana Negara, Jakarta.

SEKRETARIS Palang Merah Indonesia (PMI) Kalsel, Gusti Perdana Kesuma mengungkapkan undangan dari pihak Istana Negara sudah diterima enam warga Kalsel yang telah menyumbangkan darahnya untuk kemanusiaan sebanyak 100 kali lebih.

“Enam pendonor itu dipilih secara perseorangan, hingga tiap tahun akan ada orang yang dinilai sebagai pendorong tersering atau terbanyak mendonorkan darahnya,” ucap Gusti Perdana Kesuma kepada wartawan, Jumat (15/12/2017).

Mantan anggota DPRD Kalsel ini menyebut enam orang yang akan meraih penghargaan dari Presiden Jokowi adlaah  Khairil Anwar, Sayid Abdullah, Suratno, Djoko Djarmono, Tries Handoyo, dan Akhmad Salikon, yang akan didamping UPTD Provinsi Kalsel yakni dr Salma dan dr Aulia Ramadhan Supit dari Banjarmasin, selama berada di Jakarta.

Sebagai otoritas penyedia darah bagi warga, Perdana menegaskan PMI selalu siap dan siaga, walaupun permintaan akan darah terus meningkat di Kalsel.

“Untuk memenuhi pasokan darah, PMI juga menjalin kerjasama dengan instansi terkait seperti TNI, Polri dan lainnya untuk membuka posko donor darah secara berkala. Sebab, tiap hari PMI menyiapkan 301 kantong darah bagi para pendonor,” kata Perdana.

Dia menjelaskan kebutuhan rutin darah yang dipasok PMI adalah RSUD Ulin Banjarmasin yang membutuhkan 50 kantong darah. Sedangkan, rumah sakit lainnya di Kalsel hanya 100 kantong per hari.(jejakrekam)

Penulis : Ipik Gandamana

Editor   : Didi G Sanusi

Foto      : PMI Kota Solo

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.