Rencana Kemenpora Coret Takraw dari PLPP Disesalkan

0

KEMENTERIAN Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), pada tahun depan akan mencoret cabang olahraga sepak takraw dari program Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP).  Rencana itu pun disesalkan  Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalimantan Tengah, jika nantinya direalisasikan Kemenpora, padahal sepatutnya ditinjau ulang.

“SAYA lihat selama ini sepak takraw lebih terstruktur sampai ke bawah. Makanya, saya mempertahankan jangan sampai takraw didegradasi. Karena pengurus cabangnya bagus. Begitu pula pengurus provinsinya, aktif dibanding cabor lain,”kata Kepala Bidang Pembudayaan Olahraga, Dinas Pemuda dan Olahraga Kalteng, Maslin kepada wartawan di Palangka Raya, Kamis (14/12/2017).

Menurut Maslin, alasan Kemenpora melakukan degradasi cabor sepak takraw, lantaran selama kurun waktu 5 tahun membina atlet usia muda di PPLP, tidak bisa berkontribusi memberikan prestasi di level nasional seperti Pelatnas maupun Pekan Olah Nasional (PON).

Namun, masih menurut dia, , bagi atlet Kalteng sendiri, dianggap sudah mampu memberikan kontribusi yang diinginkan Kemenpora, kendati belum maksimal. Terbukti, setiap mengikuti kejuaraan tingkat nasional, hampir rata-rata bertengger di urutan tiga besar.

Apabila memang nantinya Kemenpora tetap bersikukuh melakukan degradasi sepak takraw tahun depan, Dispora Kalteng berencana akan memasukkan cabor ini ke dalam Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar Daerah (PPLPD). Tetapi, beber Maslin, kemungkinan besar hal ini sulit dilakukan, karena terkendala anggaran yang terbatas.

“Saya berharap degradasi tidak jadi dilakukan. Tapi seharusnya jangan melihat prestasi untuk PON ataupun Asian Games. Tapi yang dilihat pembinaaanya untuk olahraga. Tapi, mereka tetap ngotot akan mendegradasi takraw,”imbuh Maslin.(jejakrekam)

Penulis :  Tiva
Editor   :  Afdi Achmad
Foto     :  Cacinggg Blogger

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.