Bisnis Hotel Menggeliat, MAPPI Siapkan SDM Andal

0

GUNA meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) anggotanya terus dilakukan oleh organisasi Masyarakat Profesi Penilai Indonesia (MAPPI) Kalsel-Teng. Terbaru, organisasi ini menggelar pendidikan profesi lanjutan untuk penilaian bisnis hotel pada 37 peserta, Rabu (13/12/2017) di Hotel Pop Banjarmasin.

“KAMI melihat geliat bisnis perhotelan di Banua sekarang sudah sangat menjanjikan. Karena itulah perlu didukung oleh tenaga penilai yang bisa menggarap pasar tersebut,” ucap Sekretaris MAPPI Kalsel-Teng Hani Muntoha di sela kegiatan pendidikan, Rabu (13/12/2017).

Saat ini diklaimnya anggota MAPPI Kalsel-Teng sudah berjumlah sekitar 42 orang. Dari seluruh anggota tersebut rata-rata sudah menyelesaikan pendidikan dasar dan pendidikan dasar penilai satu dan pendidikan dasar penilai dua.

“Kita akan terus tingkatkan kualitas SDM mereka kedepannya. Bahkan di tahun 2018 kita akan menggelar pendidikan serupa untuk lelang dan pertambangan,” tegasnya.

Menurut dia, profesi penilaian di Indonesia sekarang, khususnya Kalsel boleh dibilang kini sangat menjanjikan. Apalagi dengan gencarnya pemerintah melakukan pembangunan infrastruktur sekarang, tentunya sangatlah memerlukan banyak profesi jasa penilai.

“Kan kalau mereka membeli tanah atau membebaskan sebuah bangunan untuk membangun sebuah infrastruktur, tentunya wajib melibatkan tim penilai agar hasil penilaian atas tanah atau bangunan bisa dipertanggungjawabkan,” bebernya.

Namun memang harus diakuinya, profesi penilai sekarang masih rentan dengan masalah hukum, karena belum ada undang-undang yang secara khusus mengatur terkait profesi penilai.

“Kita punya payung hukumnya masih di bawah peraturan Kementerian Keuangan, kalau undang-undang khususnya memang masih belum. Namun kita sudah coba perjuangkan ini kepada pemerintah dan DPR agar bisa dibuatkan undang-undang khusus profesi penilai di tahun depan,” imbuhnya.(jejakrekam)

Penulis : Economics

Editor   : Afdi Achmad

Foto     : Istimewa

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.