Contoh Turki, Batola Ingin Terapkan Program Keagamaan

0

BUPATI Barito Kuala (Batola) Hj Noormiliyani Aberani Sulaiman memastikan dalam periode kepemimpinannya lebih memperkuat program keagamaan bagi anak-anak sekolah, terutama menggalakkan mengaji dan shalat berjamaah. Ide itu muncul atas keberhasilan Turki yang semula mengalami krisis ekonomi, bisa keluar menjadi negara maju karena menerapkan sistem keagamaan yang baik.

PERNYATAAN ini diungkapkan Bupati Batola ini, saat menghadiri peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1439 Hijriyah di Masjid Nurhidayah, Tamban Km 8, Senin (11/12/2017). Untuk itu, mantan Ketua DPRD Kalsel ini mengajak agar seluruh tokoh agama dan masyarakat bisa turut terlibat dalam mendiskusikan formulanya.

“Kita belajar dengan negara Turki yang sekarang menjelma menjadi  enam negara yang kaya dan kuat dari sisi ekonomi dan pertahanan. Mengapa itu terjadi? Karena ada tiga program keagamaan yang berhasil diterapkan negara itu, seperti wajib mengaji, dan shalat Subuh berjamaah bagi laki-laki. Kemudian, bagi anak sekolah sebelum jam makan siang wajib membaca Al-qur’an, serta pengelolaan sedekah, zakat, dan sejenisnya hanya dilakukan oleh satu badan milik negara,” tutur Hj Noormiliyani AS.

Menurut dia, dalam skala kecil, Kabupaten Batola bsia mengadopsi program yang berhasil diterapkan Turki. Ia membayangkan jika nanti, akan lahir generasi penghafal Alqur’an di Batola. “Coba bapak dan ibu bayangkan, kalau satu anak dalam sehari mampu menghafal satu ayat saja, sejak TK  hingga SLTA berarti berapa banyak generasi yang hafal Alqur’an,” kata Noormiliyani.

Untuk memuluskan program itu, Bupati Batola memastikan akan melibatkan Kemenag dan Dinas Pendidikan, serta tokoh agama, ulama dan tokoh masyarakat, serta pihak terkait dalam membangun Batola yang  religius.(jejakrekam)

Penulis : Asyikin

Editor   : Didi GS

Foto     : Pemkab Batola

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.