jejakrekam.com

semua ada di sini

Tuesday 23rd January 2018

Dari 13 Daerah, Banjarbaru dan HSU Cukup Peduli HAM

Dari 13 Daerah, Banjarbaru dan HSU Cukup Peduli HAM

PUNCAK peringatan Hari Hak Asasi Manusia (HAM) ke-69 dihadiri seluruh kepala daerah baik gubernur, walikota dan bupati se-Indonesia di The Sunan Hotel, Solo, Jawa Tengah, Minggu (10/12/2017) untuk menerima penganugerahkan kabupaten dan kota yang peduli atau cukup peduli terhadap HAM.

KEPALA Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Kalsel, Imam Suyudi didampingi Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Unan Pribadi mengakui dari 13 kabupaten dan kota di Kalimantan Selatan, hanya Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) dan Kota Banjarbaru yang baru meraih predikat peduli HAM.

“Sedangkan, 11 kabupaten dan kota lainnya telah memenuhi predikat peduli HAM dengan berbagai kebijakan yang menjadi indikator penilaian. Untuk itu, tahun depan, kami akan terus mendorong agar 13 kabupaten dan kota di Kalimantan Selatan bisa meraih prestasi yang lebih tinggi lagi,” ucap Imam Suyudi kepada jejakrekam.com, Minggu (10/12/2017).

Ia menjelaskan yang dimaksud dengan HAM adalah hak-hak yang telah dipunyai seseorang sejak ia dalam kandungan. Sedangkan, sifat dan watak HAM itu sendiri yang merupakan mekanisme pertahanan dan perlindungan individu terhadap kekuasaan negara yang sangat rentan untuk disalahgunakan. “ Oleh karena itu, negara wajib melindungi HAM,” tegas Imam Suyudi.

Masih menurut dia, kriteria daerah kabupaten dan kota yang peduli HAM mengacu pada terpenuhinya hak atas kesehatan, hak atas pendidikan, hak perempuan dan anak, hak atas kependudukan, hak atas pekerjaan, hak atas perumahan yang layak, dan hak atas lingkungan yang berkelanjutan. “Dan, semua itu diukur  berdasarkan indikator struktur, proses dan hasil,” cetusnya.

Adapun daerah  di Kalsel yang meraih penghargaan kategori peduli HAM adalah Kabupaten Tanah Laut, Kotabaru, Kabupaten Banjar, Kabupaten Barito Kuala, Kabupaten Tapin, Hulu Sungai Selatan (HSS), Hulu Sungai Tengah (HST), Tabalong, Tanah Bumbu, Balangan dan Kota Banjarmasin. Sedangkan, dua daerah lainnya yakni Banjarbaru dan Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) masih berada di kategori cukup peduli HAM.(jejakrekam)

Penulis : Asyikin

Editor   : Didi GS

Foto     : Kemenkumham Kalsel

Tags: , , ,
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan