Desa Kiram Tawarkan Wisata Arung Jeram Bambu

0

DESA Kiram terus bersolek. Nama desa yang terletak di Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar sempat mengemuka, usai menjadi lokasi syuting pembuatan film Perang Banjar, beberapa waktu lalu. Kini, desa ini pun dirancang menjadi destinasi wisata alam di Kalimantan Selatan.

APA saja keunggulan Desa Kiram? Wisata yang bisa dinikmati dari perbukitan, hutan hingga sungai yang arena permainan rakit bambu ala arung jeram khas Kalimantan Selatan.

Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor memastikan dalam waktu dekat ini, kawasan Desa Kiram akan disulap menjadi kawasan wisata alam andalan Kalsel.

“Untuk akses jalan sudah ditingkatkan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kalsel. Ada ada miliaran rupian yang akan disiapkan untuk memperbaiki infrastruktur kawasan Desa Kiram,” ujar Gubernur Sahbirin Noor kepada wartawan, Jumat (8/12/2017).

Dengan akses jalan yang sudah bagus, Paman Birin-sapaan akrab kepala daerah ini, tentu para pengunjung akan lebih nyaman menuju Desa Kiram. Begitupula, sinyal telepon selular pun diharapkan Paman Birin bisa segera dibenahi, karena masih lemah dan naik turun di titik-titik tertentu.

“Keberadaan sinyal data seluler ini sangat penting bagi setiap pelancong. Tentu, mereka bisa mengunggah hasil jepretan ke media sosial. Jadi, bisa langsung mempromosikan wisata arum jeram menggunakan rakit bambu,” tutur Belinda, salah satu pengunjung wisata di Desa Kiram.

Kepala Seksi Infrastruktur Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kalsel, Tarwin mengungkapkan dari hasil survei di lapangan, ada beberapa sinyal provider yang bisa dinikmati para pelancong dan warga di Desa Kiram. “Memang, peningkatan infrastruktur jaringan telekomunikasi belum ada yang ke arah sana. Pada tahun depan, pembangunan tower dari pusat untuk di Desa Paramasan Atas Kabupaten Banjar,” tandasnya.(jejakrekam)

Penulis : Wan Marley

Editor   : Didi G Sanusi

Foto     : Bingkai Banua

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.