Unduh Sipolair, Pelayanan Polisi Perairan Sudah Terakses

0

MODERNITAS kini menyapa jajaran Polda Kalsel. Usai menggulirkan program berbasis aplikasi di telepon pintar seperti e-tilang dan lainnya. Kini giliran Direktorat Polisi Perairan dan Udara (Ditpolairud) Polda Kalsel meluncurkan aplikasi bernama Sipolair.

PENGGUNAAN peranti canggih ini diwujudkan Polda Kalsel untuk menindaklanjuti program promoter Kapolri yang menonjolkan sisi modernitas di institusi kepolisian.

“Layanan modern berbasis teknologi informasi ini tentu bisa mengajak masyarakat, khususnya di wilayah perairan untuk ikut melek teknologi. Semua ini untuk memudahkan pelayanan kepolisian tak hanya dilakukan di darat, namun juga wilayah perairan,” ucap Kapoda Kalsel, Brigjen Pol Rachmat Mulyana kepada wartawan, saat meninjau pengoperasian Sipolair di Markas Ditpolair Kalsel, Selasa (5/12/2017).

Jenderal bintang satu ini mengatakan pelayanan maupun laporan serta pengaduan terkait tindak kejahatan di wilayah perairan dan layanan masyarakat dalam misi pertolongan search and rescue (SAR) bisa dipantau lewat Sipolair.

“Untuk aplikasi Sipolair ini bisa diunduh melalui Google Playstore. Keungulan dari Sipolair ini adanya figur panic button, sehingga pengguna layanan yang ingin meminta bantuan segera dari Ditpolairud Polda Kalsel, tinggal menekan tombol tersebut,” ucap Direktur Polairud Polda Kalsel, Kombes Pol Gatot Wahyudi melalui Kasi Lidik Subdit Gakkumn, Kompol Untung Widodo.

Ia memastikan petugas di pusat komando akan meneruskan informasi darurat ke anggota Ditpolairud Polda Kalsel yang terdekat dari lokasi para penekan tombol untuk segera memberikan bantuan.

“ Tak hanya itu, aplikasi Sipolair ini juga bisa memberi akses berbagai informasi perairan yang ada di Kalimantan Selatan. Sebab, pusat informasi sudah terintegrasi dengan Satpolair yang ada di jajaran Polres di Kalsel,” tuturnya.

Masih menurut Untung, para pengguna jasa pelayaran juga bisa meminta jasa pengawalan melalui online. Syaratnya, cukup mengisi form yang terdapat di aplikasi Sipolair, hingga data segera diteruskan ke kapal patroli yang ada di perairan. “Nantinya, kapal-kapal patroli siap mengawal hingga ke tujuan pengguna jasa pelayaran yang meminta jasa pengawalan,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis : Iman S

Editor   : Didi GS

Foto      : Iman Satria

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.