Inilah Kabupaten dan Kota di Kalsel yang Peduli HAM

0

INDIKATOR daerah yang menerapkan kebijakan peduli hak asasi manusia (HAM) jadi penilaian Kementerian Hukum dan HAM. Dari 13 kabupaten dan kota yang ada di Provinsi Kalimantan Selatan akan dianugerahi sebagai kabupaten atau kota yang peduli atau cukup peduli HAM dalam peringatan Hari HAM sedunia ke-69 di Hotel The Sunan Solo, yang rencananya dihadiri Presiden RI, Joko Widodo, Minggu (10/12/2017) mendatang.

“SEBELUMNYA tidak semua kabupaten dan kota yang dianugerahi penghargaan. Nah, tahun ini terjadi peningkatan hampir 100 persen termasuk peduli HAM,” ucap Kepala Kanwil Kemenkumham Kalsel, Imam Suyudi saat menerima undangan untuk menghadiri acara penganugerahan peduli HAM bagi gubernur, bupati dan walikota se-Indonesia, Selasa (5/12/2017).

Sedangkan, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Kanwil Kemenkumham Kalsel, Unan Pribadi menyebutkan prestasi kepala daerah atas predikat peduli dan cukup peduli HAM itu berdasar hasil kajian regulasi yang diterapkan masing-masing daerah. “Nah, peningkatan pada tahun ini, cukup membanggakan sekaligus menggembirakan, karena rata-rata daerah sudah masuk kategori peduli dan cukup peduli HAM,” ucap Unan Pribadi.

Ia menerangkan dalam produk hukum, regulasi dan kebijakan yang dihasilkan kabupaten dan kota di Kalsel diharuskan untuk mememuhi aspek penghormatan, perlindungan dan pemenuhan HAM sejalan dengan implementasi Nawacita pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla dalam mengukur kinerja HAM pemerintahan daerah. “Makanya, kelengkapan regulasi atau kebijakan yang diciptakan akan diukur apakah telah mememuhi dan perlindungan hak asasi manusia,” pungkas Unas Pribadi.

Nah, inilah daftar kabupaten dan kota di Provinsi Kalimantan Selatan yang meraih penghargaan :

1.Kabupaten Tanah Laut masuk kategori peduli HAM
2.Kabupaten Kotabaru kategori peduli HAM
3. Kabupaten Banjar kategori peduli HAM
4. Kabupaten Barito Kuala, kategori peduli HAM
5. Kabupten Tapin, kategori peduli HAM
6. Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), kategori peduli HAM
7. Kabupten Hulu Sungai Tengah (HST), kategori peduli HAM
8. Kabupaten Tabalong, kategori peduli HAM
9. Kabupaten Tanah Bumbu, kategori peduli HAM
10.Kabupten Balangan, kategori peduli HAM
11. Kota Banjarmasin, kategori peduli HAM
12.Kabupten Hulu Sungai Utara (HSU), kategori cukup peduli HAM
13.Kota Banjarbaru, kategori cukup peduli HAM.(jejakrekam)

Penulis : Asyikin

Editor   : Didi GS

Foto      : Rindang Yuliani Blogger

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.