Dewan Kota Bingung, Kok Ada Rencana Jembatan Kaca

0

PEMKOT Banjarmasin sepertinya tetap ngotot untuk segera membangun jembatan penyeberangan orang yang menghubungkan dua sisi Sungai Martapura di Siring Tendean dan Jalan Sudirman, tepatnya di kawasan Hotel Batung Batulis dan Menara Pandang.

TAK hanya itu, Walikota Banjarmasin Ibnu Sina pun berencana jembatan penyeberangan bagi pejalan kaki yang membentang di atas Sungai Martapura terbuat kaca transparan untuk bagian lantai, hingga nantinya menjadi ikon baru wisata susur sungai.

Ekspose kepada pihak pengembang dalam bentuk studi kelayakan atau detail engineering design (DED) sudah dipaparkan jajaran Walikota Ibnu Sina. “Jembatan penyeberangan itu bisa menjadi wahana uji nyali dengan ketinggian 10 meter. Untuk tahun pelaksanaan, tak tahu apakah bisa terwujud pada 2018 atau 2019,” tutur Walikota Ibnu Sina kepada wartawan di Balai Kota, Senin (4/12/2017).

Desain wah pun akan menghiasi jembatan kaca dengan tata pencahayaan dari lampu warna-warni menggunakan tenaga solar sel, alias lampu hemat energi. Pertimbangan sang walikota adalah kawasan tepian Sungai Martapura terpusat di Siring Tendean dan Siring Sudirman telah menjadi pusat keramaian publik.  “Kondisi parkir kendaraan yang padat, jadi pertimbangan jembatan itu dibangun. Jadi, nantinya, para pengunjung bisa memarkir kendaraan di sekitar Siring Sudirman, termasuk di kawasan seberang Gubernuran Kalsel atau Pasar Lama,” ujarnya.

Apakah rencana jembatan penyeberangan orang itu sudah dibicarakan kepada para wakil rakyat di DPRD Banjarmasin? Ternyata, Ketua Komisi III DPRD Banjarmasin, Faisal Heriyadi mengaku justru tahu informasi itu dari media sosial dan pemberitaan sejumlah portal online.

“Saat ekspose anggaran dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PPUR) Banjarmasin, tak terungkap adanya rencana pembangunan jembatan penyeberangan orang. Makanya, kami juga bingung kok muncul rencana semacam itu,” tutur Faisal Heriyadi kepada jejakrekam.com, Selasa (5/12/2017).

Sekretaris DPW PAN Kalsel ini pun memastikan dalam waktu dekat akan segera mengagendakan rapat dengan Dinas PUPR Banjarmasin untuk mengorek informasi seputar rencana pembangunan jembatan penyeberangan orang terbuat dari kaca transparan itu.

“Sebab, dalam anggaran APBD 2018, tak pernah dibahas atau dianggarkan proyek itu. Apalagi kalau sudah masuk tahap studi kelayakan atau DED,” tandas Faisal.(jejakrekam)

Penulis : Didi GS

Editor   : Didi G Sanusi

Foto      : Dok Ibnu Sina

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.