Sukses di Indonesia, BTPN Wow! Gaet Nasabah Kalsel

0

INOVASI yang dijalankan PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) Tbk mampu menjawab dinamika masyarakat yang menginginkan layanan keuangan serba simpel, serba cepat namun tetap aman. Nah, lewat BTPN Wow! Kini perbankan yang mengandalkan pelayanan bank digital ini mampu mengubah peta persaingan bank di Indonesia.

SEJAK diluncurkan pada Maret 2015 hingga September 2017, tercatat total agen BTPN Wow! telah mencapai lebih dari 200.000 agen dengan jumlah nasabah mencapai 4,3 juta orang di seluruh Indonesia.

“Untuk Kalimantan Selatan memang masih rendah. Ya, karena program BTPN Wow! baru dimulai pada 1 Januari 2017 dengan total nasabah mencapai 8.500 dan jumlah agen sekitar 700 agen,” kata Sales Management Head BTPN Wow!, Muhammad Reza Rizal dalam diskusi Laku Pandai; Akses Keuangan untuk Semua bekerjasama dengan Koran Sindo, di Hotel Golden Tulip Banjarmasin, Selasa (28/11/2017).

Ia menerangkan program Laku Pandai merupakan terobosan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bagi industri perbankan demi menjangkau masyarakat hingga ke pelosok nusantara. “Dengan menggunakan telepon genggam dan didukung jasa agen, jangkauan layanan nasabah menjadi lebih luas,” ucap Reza Rizal, yang menjadi pembcara didampingi Deputi Direktur Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) , Azilsyah Noerdin.

Menurut dia, suatu kebanggaan bagi BPTN yang telah menyabet bank berbasis digital terbaik di Indonesia telah dipercaya untuk menerapkan konsep revolusioner dalam mengubah peta perilaku masyarakat Indonesia dalam perbankan lewat program Laku Pandai.

“Kini masyarakat bisa menikmati berbagai layanan perbankan seperti pembukaan rekening, tarik, dan setor uang melalui agen bank dengan biaya yang sangat murah. Agen dapat berbentuk warung maupun agen penjual pulsa sehingga jangkauannya lebih menyebar luas sampai ke pelosok tanah air,” paparnya.

Masih menurut Reza, nasabah juga dapat melakukan berbagai transakti di antaranya mengirim uang , membeli pulsa dan tiket, serta membayar berbagai tagihan seperti tagihan listrik atau air melalui telepon genggam. “BTPN Wow! menggunakan tehnologi Unstructured Supplementary Services Data (USSD) yang dapat beroperasi di segala jenis telepon genggam berbasis GSM (tidak harus smartphone) meskipun dengan sinyal minimum,” katanya.

Ia menegaskan target nasabah BTPN Wow! adalah masyarakat yang belum pernah memiliki rekening bank, tetapi mereka sudah terbiasa menggunakan telpon selular serta mengisi pulsa. “Dengan begitu , bagi mereka bertransaksi menggunakan ponsel bukan hal yang terlalu rumit,” ucapnya.

Untuk itu, Reza mengatakan dengan dukungan semua pihak, program Laku Pandai dan BTPN Wow! dapat membawa perubahan positif bagi masyarakat, sekaligus mewujudkan keuangan yang inklusif di Indonesia.

“Terlebih lagi, dengan inisiatif tersebut, BTPN melalui BTPN Wow! masuk ke dalam daftar ” Furtune Change the World ” yang merupakan daftar 50 perusahaan di seluruh dunia yang dinilai telah melakukan kinerja baik dalam menyelesaikan masalah sosial sekaligus dapat memperoleh keuntungan,” paparnya.

Dia menyebut dalam daftar yang dirilis Majalah Fortune edisi September 2016 , BTPN melalui BTPN Wow! dianggap berhasil membantu masyarakat yang belum terjangkau layanan perbankan di Indonesia dan memainkan peranan penting dalam inklusi keuangan di Indonesia .

“BTPN merupakan satu-satunya perusahaan Indonesia yang masuk ke dalam daftar tersebut. Untuk memperluas jangkauan ke masyarakat , BTPN Wow! terus melakukan ekspansi melalui kerjasama dengan berbagai lihak .Salah satunya , bekerjasama dengan Telkomsel mengembangkan layanan keuangan terhubung antara TCASH dan BTPN Wow! yang dipasarkan secara bersama,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis : Asyikin

Editor   : Didi GS

Foto     : Asyikin

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.