Susul 14 Parpol, Giliran 6 Partai Incar Kontestan Pemilu 2019

0

RUANG waktu yang diberikan KPU Banjarmasin menindaklanjuti putusan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawalu) RI untuk masa penyerahan berkas dukungan berupa salinan kartu tanda anggota (KTA) dan e-KTP bagi 9 parpol, ternyata hanya dimanfaatkan 6 partai.

DASAR bagi KPU Banjarmasin dalam menerima berkas ini mengacu ke surat bernomor 710/PL.01.1-SD/03/KPU/XI/2017, tertanggal 18 November 2017 yang diteken Ketua KPU RI Arief Budiman. Hingga waktu berakhir sejak Rabu (22/11/2017) dan ditutup pukul 24.00 Wita, tercatat hanya Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Islam Damai Aman (Idaman), Partai Republik, Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), Partai Indonesia Kerja (PIKA) dan Partai Swara Rakyat Indonesia (Parsindo) yang memanfaatkannya.

“Ya, ada enam parpol yang kembali menyerahkan berkas dukungan kembali. Ini berarti, ada tiga parpol yakni Partai Rakyat, Partai Pengusaha dan Pekerjaan Indonesia (PPPI), dan Partai Bhineka Indonesia yang tak mendaftarkan diri dan menyerahkan berkas dukungan ke KPU Banjarmasin,” ucap Divisi Hukum KPU Banjarmasin, Khairun Nizan kepada jejakrekam.com, Jumat (24/11/2017).

Serupa dengan 14 parpol yang telah menyerahkan berkas dukungan dan kini memasuki masa perbaikan hingga 1 Desember 2017, Nizan menegaskan kepada 6 parpol itu juga diminta melakukan hal yang sama. Ini berarti, ada 20 parpol yang telah diterima berkas dukungan di Banjarmasin.

“Yang pasti, kami kembali mengingatkan agar teliti dalam memeriksa berkas yang harus diperbaiki, terutama salinan KTA dan e-KTP yang dianggap tak memenuhi syarat (TMS) dalam penelitian administrasi. Terpenting adalah syarat dukungan tak boleh di bawah 647 dukungan sebagai syarat untuk mengikuti Pemilu 2019 d Banjarmasin sesuai dengan sistem informasi parpol (Sipol) KPU RI,” tandasnya.

Sebelumnya, Bendahara DPC Partai Idaman Banjarmasin, Mahpuja mengaku optimistis bisa lolos dalam masa administrasi dan perbaikan, hingga nantinya menanti masa verifikasi faktual yang akan dilakukan KPU. “Tinggal mempersiapkan diri menuju tahapan verifikasi faktual. Semoga lancar dan Partai Idaman bisa ikut Pemilu 2019, khususnya di Banjarmasin,” ucapnya.(jejakrekam)

Penulis : Didi GS

Editor   : Didi G Sanusi

Foto      : Dokumentasi

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.