Rahasiakan Strategi, PKPI Yakin Bisa Ikut Pemilu 2019

0

PARTAI Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) masih merahasiakan strategi politiknya dalam menghadapi pesta demokrasi 2019. Keyakinan parpol yang dulu bernama Partai Keadilan Persatuan (PKP) ini usai gugatannya kepada KPU RI diterima Bawaslu RI, hingga menunggu keputusan akhir untuk ikut dalam Pemilu 2019 nanti.

USAI rapat koordinasi di Hotel Royal Jelita Banjarmasin, Sabtu (14/11/2017), Ketua Dewan Pengurus Provinsi (DPP) PKPI Kalsel Irhami Ridjani memastikan tinggal menunggu perkembangan politik. Sebab, menurut mantan Bupati Kotabaru ini, setiap partai tentu punya strategi, dan PKPI jelas merahasiakan taktiknya dalam menghadapi Pemilu 2019.

‘’Untuk memperbaiki kinerja PKPI, kami melakukan evaluasi dan konsolidasi partai. Sebab, kami memang belum menargetkan jumlah kursi di Pileg 2019 nanti,” ucap Irhami.

Disinggung soal verifikasi parpol calon peserta Pemilu 2019, Irhami mengatakan KPU menyampaikan dan menyosialiasikan terlalu cepat,  sehingga sewaktu pendaftaran parpol, membuat kelimpungan PKPI

‘’Contohnya, di Kabupaten Kotabaru, ada 21 kecamatan. Di sana terdiri dari pulau-pulau. Bayangkan, untuk mencapai satu pulau saja dibutuhkan waktu satu hari satu malam. Ini belum lagi ke masyarakat. Seharusnya dalam rangka penerapan undang-undang itu, diberikan sosialisasi kepada parpol,” katanya.

Menurutnya, untuk verifikasi dalam mengumpulkan data dari daerah, sedikitnya membutuhkan waktu 3-4 hari. “Nah, tahapan pada Pemilu 2014 lalu jauh lebih baik dibandingkan sekarang,” ucap Irhami.

Dia mencontohkan dulu sebelumnya parpol hanya mendaftarkan diri, baru kemudian diverifikasi administrasi dan faktual. “Kalau ada yang kurang diberi waktu. Jadi, kalau masih tidak bisa melengkapi, baru digugurkan. Untuk PKPI di Kalsel, hanya Kabupaten HSU yang belum ada jaringannya,” tuturnya.

Menariknya, dalam rapat koordinasi yang diikuti segenap pengurus DPP PKPI dan DPD PKPI se-Kalsel juga dibahas soal agenda Pilkada 2017 yang makin dekat. Termasuk, menunggu proses pengaduan PKPI di Bawaslu RI, hingga nantinya ada keputusan final.(jejakrekam)

Penulis : Ahmad Husaini

Editor   : Didi G Sanusi

Foto      : Ahmad Husaini

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.