Adu Kicauan Indah Burung Berhadiah Jutaan Rupiah

0

HALAMAN kantor Gubenur Kalimantan Selatan di Jalan Jenderal Sudirman, terasa seperti ‘hutan belantara’ yang terdengar riuh rendah kicauan burung. Makin ramai setelah para pemilik juga berteriak untuk mengajak burung andalannya bernyanyi indah di depan para juri untuk memperebutkan tropi Sahbrin Cup 2017,  Minggu (29/10/2017).

PESERTA pun bukan hanya datang dari 13 kabupaten dan kota se-Kalimantan Selatan. Namun, penggemar burung dari Kalimantan Tengah, Jawa Timur dan Jawa Barat turut memamerkan kicauan merdu sang burung.

“Lomba burung ini bukan sekadar kompetisi, tapi bisa membangkitkan ekonomi kerakyatan melalui usaha penangkaran burung. Apalagi, lomba burung berkicau ini bertaraf nasional. Untuk juara pertama mendapat hadiah Rp 7,5 juta plus tropi penghargaan, juara II Rp 5 juta dan juara III diberi hadiah Rp 2,5 juta,” ujar Ketua Panitia Sahbirin Cup 2017, Anang Misran kepada jejakrekam.com.

Dalam kompetisi burung berkicau itu, Anang Bidik-sapaan akrabnya menjelaskan ada beberapa burung khusus yang hadir menjadi peserta. Sebab, beber dia, saat ini penangkaran burung di Banjarmasin baru bisa mengembangbiakkan burung murai, kenari, cucak ruwo dan lainnya. “Makanya, lewat lomba burung berkicau ini bisa memotivasi peserta, umumnya warga Kalsel untuk menangkarkan burung-burung khusus lomba. Sebab, dalam lomba itu yang dinilai adalah irama lagu kicauan burung, durasi kicauan dan lainnya. Para juri pun bertaraf nasional berasal dari Yogyakarta dan Semarang,” beber Anang Bidik.(jejakrekam)

Penulis : Asyikin

Editor   : Didi GS

Foto      : Asyikin

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.