Pembukaan Fornas IV Berlangsung di Sungai Martapura

0

ADA hal yang berbeda ditunjukkan dalam pembukaan Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas) IV tahun 2017 di Banjarmasin, Minggu (22/10/2017). Ajang dua tahunan sekali yang dihelat Forum Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) dibuka di tengah Sungai Martapura demi menunjukkan identitas Banjarmasin sebagai Kota Seribu Sungai.

PROSESI pembukaan Fornas IV di Menara Pandang Siring Tendean ini langsung dipimpin Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor. Masing-masing kontingen yang berasal dari 22 provinsi berdiri di atas klotok di Sungai Martapura. Ada 50 klotok yang disiapkan panitia. Mereka mendengarkan sambutan dari Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor, Ketua Umum FORMI Hayono Isman dan Staf Ahli Menpora, Hj Hadiyati yang memberikan kata sambutan.

Dalam sambutannya, Gubernur Kalsel mengajak agar para peserta Fornas IV terus melestarikan olahraga tradisional yang merupakan warisan dari para pendahulu bangsa. “Olahraga tradisional itu jelas murah meriah jika dibandingkan olahraga konvesional,” ucapnya.

Bahkan, beber Sahbirin Noor, ajang dua tahunan yang kali ini berpusat di  Banjarmasin juga diikuti pesert dari Aceh hingga Papua, sehingga sudah sepatutnya menjadi wahana untuk menggerakkan budaya tradisional di Indonesia.

“Sebagai generasi penerus, hendaknya kita menghargai jasa-jasa mereka yang telah mewariskan olahraga tradisional ini. Terbukti olahraga tradisional juga menyehatkan dan memberi kegembiraan bagi kita,” kata Paman Birin-sapaan akrab gubernur ini.

Sementara itu, Ketua Umum FORMI Hayono Isman mengucapkan terima kasih kepada Banjarmasin, khususnya Kalimantan Selatan yang telah menjadi tuan rumah. “Program FORMI ini selaras dengan anjuran Presiden Joko Widodo agar masyarakat hidup sehat dan bisa berumur panjang. Sebab, olahraga tradisional ini bukan saja olahraga yang sehat tapi juga penuh kegembiraan,” ucap Hayono.

Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga era Kabinet Pembangunan IV ini mengungkapkan ada 2.000 orang dari 22 provinsi yang terlibat dalam acara seremonial pembukaan Fornas IV di Banjarmasin. “Ternyata di atas sungai pun bisa menggelar seremoni pembukaan even olahraga. Ini tentu sejalan dengan visi Kota Banjarmasin yang ingin menghidupkan wisata sungainya,” kata pengurus DPP Partai Demokrat ini.

Tanda dibukanya Fornas IV yang berlangsung sejak 20-24 Oktober 2017 ini dengan pelepasan burung merpati di atas Sungai Martapura yang dilakukan Gubernur H Sahbirin Noor, Ketua Umum FORMI Hayono Isman, Staf Ahli Menpora Hj Hadiyati serta Sekdaprov Kalsel, Abdul Haris Makkie.(jejakrekam)

Penulis : Asyikin

Editor   : Didi GS

Foto      : Asyikin

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.