PBB Tuding Sipol KPU RI Bikin Repot Parpol

0

SISTEM informasi partai politik (Sipol) yang diterapkan KPU RI dalam seleksi administrasi parpol calon peserta Pemilu 2019, dituding benar-benar merepotkan. Hal ini dirasakan Partai Bulan Bintang (PBB) yang diklaim telah memenuhi persyaratan 75 persen atau terdaftar dengan bukti salinan dukungan KTA dan e-KTP di 11 dari 13 kabupaten dan kota di Provinsi Kalimantan Selatan.

KETUA DPW PBB Kalsel, Pangeran Iberahim menilai apa yang diterapkan dalam Pemilu 2019 untuk meraih predikat sebagai partai peserta sangat sulit dan penuh birokrasi.

“Gara-gara Sipol KPU RI yang tak sinkron di sejumlah KPUD terbukti merepotkan. Bahkan, jaringan ini sempat mengalami kerusakan, sehingga menyusahkan bagi parpol yang ingin menyerahkan berkas salinan dukungan berupa KTA dan e-KTP,” ucap Iberahim kepada jejakrekam.com, di Banjarmasin, Sabtu (21/10/2017).

Dia mencontohkan PBB telah mendaftarkan diri di 11 kabupaten dan kota di Kalsel, sehingga memenuhi persyaratan minimal berada di 10 daerah. “Anehnya lagi, data yang dientry dari daerah ini justru tak terkoneksi di KPU RI. Nah, gara-gara ini jelas parpol yang dirugikan,” kata mantan anggota DPRD Kalsel ini.

Iberahim mengaku telah dikontak Ketua Umum DPP PBB Prof DR Yusriel Ihza Mahendra untuk segera ke Jakarta, guna menyerahkan bukti surat tanda terima dari 11 KPUD di Kalsel, termasuk hard copy berkas salinan KTA dan e-KTP yang telah memenuhi persyaratan. “Makanya, kami melihat adanya Sipol ini justru bisa membuka gugatan dari parpol. Bagaimana tidak, parpol sudah memenuhi persyaratan, tiba-tiba dinyatakan tak lengkap akibat sistem jaringan, padahal telah dinyatakan berkasnya lengkap,” bebernya.

Berdasar data KPUD Kalsel per Selasa (18/10/2017) pukul 24.00 Wita, parpol yang menyerahkan dukungan di 13 kabupaten dan kota di Kalsel atau lebih dari syarat 75 persen adalah PDI Perjuangan, Partai Demokrat, PAN, Partai Golkar, PKS, Partai Gerindra, Partai NasDem, dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Sedangkan, Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan Partai Persatuan Indonesia (Perindo) terdaftar di 12 kabupaten dan kota.

Sisanya, Partai Berkarya, Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Gerakan Perubahan Indonesia (Garuda) telah menyerahkan berkas dukungan di 11 kabupaten dan kota. Terakhir, Partai Islam Damai dan Aman (Idaman) tercatat di 10 kabupaten dan kota di Kalsel.(jejakrekam)

Penulis : Didi GS

Editor   : Didi G Sanusi

Foto      : Dokumentasi

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.