Fornas IV di Banjarmasin juga Diikuti Negara Serumpun

0

USAI Festival Anak Saleh Indonesia (FASI) X dihelat di Banjarmasin. Kini, ibukota Provinsi Kalimantan Selatan kembali menjadi tuan rumah perhelatan akbar bertaraf nasional bernama Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas) IV pada 20-24 Oktober 2017. Tak hanya atlet dari 33 provinsi, ternyata juga diikuti negara serumpun seperti Malaysia, Brunei Darussalam dan Filipina.

DALAM Fornas IV yang berlangsung di Banjarmasin, sedikitnya ada 31 cabang olahraga (cabor) yang akan dipertandingkan. Terdiri dari tiga kategori yakni olahraga ekstrem, tradisional maupun kemasyarakatan. Termasuk, olahraga seperti sumpit, panahan, balogo, bagasing, panco dan lainnya.

“Negara serumpun seperti Malaysia, Brunei Darussalam dan Filipina memang diundang. Sebab, lomba yang populer di masyarakat Indonesia juga dikenal negara tersebut,” ucap Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Selatan, Zakly Asswan Helmi kepada wartawan di Banjarmasin, Jumat (20/10/2017).

Saking akbarnya, Zakly menyebut kontingen dari berbagai daerah itu sedikitnya mencapai 7.000 orang. Untuk upacara pembukaan direncanakan pada Minggu (22/10/2017) nanti. “Kami belum tahu siapa yang akan membuka nanti. Apakah Presiden Joko Widodo atau siapa? Nah, kalau Pak Presiden tak bisa, cukup Gubernur Kalsel saja sudah sah,” tuturnya

Sedangkan, Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor mengingatkan agar ajang Fornas IV yang berlangsung di Banjarmasin bisa menjadi wahana pemanasan dalam menyongsong Kalimantan Selatan sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/ 2024.

“Saya tentu mendukung penuh kegiatan olahraga berskala nasional. Dari Fornas IV ini, tentu kita bisa belajar banyak dalam menghelat even olahraga nasional. Ini menjadi pengalaman bagi Kalsel sebagai tuan rumah,” ucap Paman Birin-sapaan akrabnya.(jejakrekam)

Penulis : Wan Marley

Editor   : Didi G Sanusi

Foto      : Wan Marley

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.