Berkas Dukungan Parpol Segera Diverifikasi KPU

0

AWALNYA partai politik (parpol) yang mendaftar sebagai calon peserta Pemilu 2019 di KPU RI dan terdata di Kalimantan Selatan mencapai 27 parpol. Namun, begitu memasuki masa penyerahan berkas dukungan KTA dan e-KTP di 13 kabupaten dan kota, baru 16 parpol yang dinyatakan lengkap.

SYARAT minimal 75 persen atau berada di 10 daerah bagi parpol yang menyerahkan berkas dukungan di Provinsi Kalimantan, dari data sementara KPUD Kalimantan Selatan hingga Selasa (17/10/2017) pukul 24.00 Wita, hanya 16 parpol yang dinyatakan lengkap. Sisanya, 11 parpol belum memenuhi syarat minimal tersebut.

Komisioner KPUD Kalimantan Selatan, Nur Khalis Majid mengakui dari proses penyerahan berkas dukungan di 13 kabupaten dan kota, ada beberapa parpol yang belum memenuhi syarat minimal 75 persen tersebut.

“Namun, kami belum berani menyatakan lolos atau tidak karena merupakan kewenangan KPU RI. Apalagi, masih ada proses verifikasi administrasi yang harus dijalankan parpol. Ini berlanjut lagi dengan verifikasi faktual di lapangan,” ucap Nur Khalis Majid kepada jejakrekam.com di Banjarmasin, Kamis (19/10/2017).

Menurutnya, dalam proses verifikasi administrasi ini menyangkut penelitian jika nanti dalam berkas dukungan mengacu ke sistem informasi partai politik (Sipol), ternyata ada KTA dan e-KTP ganda. “Artinya, ada beberapa orang yang tercatat menjadi anggota parpol di banyak parpol. Termasuk, statusnya seperti PNS, anggota TNI/Polri dan lainnya,” ujar Majid.

Mantan anggota KPU Kabupaten Banjar ini memastikan proses verifikasi administrasi berlanjut ke faktual akan terus dikawal, demi mendapatkan data yang valid. “Kalau informasi terbaru, ada 19 parpol yang telah memenuhi persyaratan 75 persen dukungan atau miminal 10 daerah di 13 kabupaten dan kota yang ada di Kalsel,” imbuhnya.

Berdasar data KPUD Kalsel per Selasa (18/10/2017) pukul 24.00 Wita, parpol yang menyerahkan dukungan di 13 kabupaten dan kota di Kalsel atau lebih dari syarat 75 persen adalah PDI Perjuangan, Partai Demokrat, PAN, Partai Golkar, PKS, Partai Gerindra, Partai NasDem, dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Sedangkan, Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan Partai Persatuan Indonesia (Perindo) terdaftar di 12 kabupaten dan kota.

Sisanya, Partai Berkarya, Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Gerakan Perubahan Indonesia (Garuda) telah menyerahkan berkas dukungan di 11 kabupaten dan kota. Terakhir, Partai Islam Damai dan Aman (Idaman) tercatat di 10 kabupaten dan kota di Kalsel.(jejakrekam)

Penulis : Didi GS

Editor   : Didi G Sanusi

Foto      : Dokumentasi

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.