Bentuk Tim Kode Etik, ULM Haramkan Plagiat

0

PLAGIAT adalah hal yang terlarang dan diharamkan dalam dunia akademis, bahkan termasuk dalam tindak pidana karena mencuri hak cipta orang lain. Di era digitalisasi, kemudahan dengan bermodal gawai atau fasilitas internet bisa meng-copy paste alias salin dan tempel karya ilmiah seseorang menjadi milik sendiri.

NAH, ada beberapa kasus plagiat atau penjiplakan yang sudah terbukti dalam karya ilmiah di perguruan tinggi. Tak ingin hanya menyatakan haram, Universitas Lambung Mangkurat (ULM) telah membentuk tim kode etik bagi penilai karya ilmiah.

“Tugas tim kode etik ini terutama untuk mencari karya ilmiah para dosen. Ya, mencari tahu apakah murni karya sendiri atau plagiat seperti menjiplak atau mengambil karangan atau pendapat orang lain menjadi karyanya sendiri. Tim kode etik diketuai DR Hatta,” jelas Wakil Dekan I Bidang Akademik Fakultas Perikanan dan Kelautan ULM, Hj Rina Mustika, Rabu (18/10/2017) di sela Workshop Scientific Writing and Reasearch Publication for Academics : tips and tricks, di aula fakultas tersebut.

Rina tak menampik seringkali ada tindakan plagiat dan pembuatan karya ilmiah. Padahal, menurut dia, tindakan tersebut wajib dihindari atau tidak boleh dilakukan bagi kalangan akademisi. ”Ada hukumnya juga jika terbukti plagiasi,” tutur.

Untuk itu, menurut Rina, dalam workshop yang menghadirkan Dr Andri Andriyana, diberikan trik dan tip menulis karya ilmiah baik bagi dosen maupun mahasiswa. Terutama lagi, bagi para dosen. “Harapannya, semua dosen minimal mempublikasi 3 jurnal nasional dalam 3 tahun dari 2015, dan satu jurnal internasional dalam 3 tahun,” ucapnya.

Sebab, beber Rina, sebagaimana surat edaran Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) yang mewajibkan bagi para dosen setor karya ilmiah. “Jadi sifatnya bagi dosen, lektor, lektor kepala, dan guru besar wajib mempublikasi jurnal ilmiah,” tandasnya.(jejakrekam)

Penulis : Wan Marley

Editor   : Didi G Sanusi

Foto     : BEM KM Unlam

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.