Pencipta Mars Kayuh Baimbai Itu Meninggalkan Kita

0

INNALILLAHI wa inna ilahi rojiun. Awan duka menyelumuti Banjarmasin. Kabar meninggalnya seorang seniman kawakan, komponis, dan penyanyi lagu Banjar bersejarah, berantai di jejaring sosial. Dia adalah seniman serba biasa Syarifuddin M.S yang menghembuskan nafas terakhir pada Senin (16/10/2017) sekitar pukul 00.30 Wita.o

UNTAIAN doa dan ucapan takziyah pun mengalir dari para seniman, budayawan, para pejabat Pemkot Banjarmasin dan Pemprov Kalsel, hingga kalangan wartawan di Banjarmasin. Selama ini, Syarifuddin MS memang dikenal sangat produktif dalam menelurkan lagu-lagu daerah khas Banjar dengan arasemen kekinian.

Era Syarifuddin MS memang berbeda dengan maestro lagu Banjar, Anang Ardiansyah yang punya warna musik era 1970-1980-an yang kental. Sementara, di masa keemasannya, Syarifuddin MS lebih menonjolkan musik pop dengan sentuhan aroma etnik khas Banjar.

Banyak lagu Banjar lahir dari tangan dingin dan kreativitas seorang Syarifuddin MS yang telah dibukukan dalam album kaset maupun CD. Lagu yang dikenal khalayak ramai itu seperti Sungai Martapura, Maayun Anak, Talambat Badatang, Pagat Kasih, Palihara Tanah Banyu, dan tentu saja banyak lagi lagu-lagu Banjar yang menginspirasi.

Ketika slogan Kayuh Baimbai digagas Walikotamadya Banjarmasin, Effendi Ritonga (1984-1989) dipatenkan menjadi semboyan Kota Seribu Sungai, jasa Syarifuddin MS tak boleh dipandang sebelah mata. Berkolaborasi dengan Hamiedan A.C,  Syarifuddin  menciptakan lagu “Mars Kayuh Baimbai” saat Banjarmasin dipimpin Walikota M. Effendi MEffendi Ritonga (1984-1989).

Dan, di era Walikota Ibnu Sina yang memimpin Balai Kota Banjarmasin, jiwa seni yang sudah mendarah daging di denyut nadi Syarifuddin MS coba dihidupkan kembali. Dia pun berkenan menyanyikan kembali lagu Mars Kayuh Baimbai saat Hari Jadi Kota Banjarmasin ke-491 pada 26 September 2017 lalu.

Pencinta seni dan budaya Banjar, Syahrianto pun mengaku Banjarmasin khususnya merasakan kehilangan dengan sosok Syarifuddin MS. Di mata jurnalis ini, Syarifuddin MS adalah tokoh seniman Banjar yang patut ditiru para generasi penerusnya, karena dedikasinya dalam mengembangkan dan melestarikan budaya Banjar, khususnya di bidang musik.

Kini, lagu-lagu Banjar yang diciptakan Syarifuddin MS menjadi kenangan abadi untuk mengingat sosok seniman sekaligus komponis andal ini. “Selama jalan, Pak Syarifuddin MS. Lagu-lagu Banjarmu akan tetap abadi di Banua sepanjang massa,” ucap Syahrianto.(jejakrekam)

 

 

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2017/10/16/pencipta-mars-kayuh-baimbai-itu-meninggalkan-kita/,https://jejakrekam com/2017/10/16/pencipta-mars-kayuh-baimbai-itu-meninggalkan-kita/#:~:text=Berkolaborasi dengan Hamiedan A C, Syarifuddin Ritonga (1984-1989)
Penulis Didi GS
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.