Gulma Ganggu Musim Tanam di Desa Pajukungan Hulu

0

PETANI di Desa Pajukungan Hulu, Kecamatan Babirik, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) mengeluhkan tanaman’susupan gunung’ yang menghantui warga yang menjalar kemana-mana dan menutupi lahan yang bisa ditumbuhi padi.

“KAMI sudah dua tahun tidak bisa tanam padi, dikarenakan susupan gunung yang menutupi lahan tanam padi,” kata seorang petani yang tidak mau disebutkan identitasnya di Desa Pajukungan Hulu, kepada jejakrekam.com, Rabu (11/10/2017)

Ia mengaku, sangat bingung  dengan tanaman perusak, yang disebut masyarakat lokal sebagai susupan gunung tumbuh di mana-mana dengan cepat menjalar. “Padi tidak bisa tumbuh maksimal, lantaran adanya susupan gunung,” ujarnya.

Saat ini, menurut dia, kebanyakan warga Pajukungan belum menemukan obat yang tepat untuk memusnahkan gulma tersebut. Ia berharap dengan pemerintah, khususnya Dinas Pertanian Kabupaten HSU bisa memberi solusi untuk membasmi tumbuhan pengganggu itu. “Dengan cepatnya susupan gunung ini dari satu titik ke titik lain, jelas menutupi tanaman padi. Padahal, dengan hilangnya susupan gunung, kami tentu bisa menanam padi kembali,” tandasnya.

Sementara waktu ini, warga Desa Pakujungan Hulu pun mengubah haluan dengan mencari ikan di sekitar rawa yang ada di Kecamatan Danau Panggang.(jejakrekam)

Penulis : M Yusuf

Editor   : Agus Salim

Foto      : M Yusuf

 

 

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.