jejakrekam.com

semua ada di sini

Friday 23rd February 2018

Rakornas Kadin Bahas Dominasi Pengusaha Besar

Rakornas Kadin Bahas Dominasi Pengusaha Besar

KETUA Umum Kamar Dagang Industri (Kadin) Kalsel H Edy Suryadi mengungkapkan, rapat koordinasi nasional (rakornas) kamar dagang industri memberikan masukan kepada pemerintah. “14 kementerian diberikan masukkan oleh Kadin sekaligus membahas persoalan ekonomi di Indonesia. Dan hasil rakornas disampaikan pun kepada presiden,” kata Edy Suryadi didampingi Wakil Ketua Umum Bidang Konstruksi dan Infrastruktur dan Ketua Tetap Bidang Organisasi Birhasani, ketika dikonfirmasi jejakrekam.com, Kamis (5/10/2017).

DALAM rakornas juga, dia menyebut  telah diusulkan pemberdayaan pengusaha lokal dan pengubahan aturan pajak kepada pemerintah pusat untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi.”Usulan-usulan tersebut disampaikan dalam Rakornas Kadin 2017,” ucapnya.

Apalagi, sambungnya, telah ada UU No 1/1987 tentang semua pengusaha di bawah naungan Kadin.”Data pengusaha sudah terinput di Kadin dan Kementerian RI, sehingga memudahkan keberadaan pengusaha di Indonesia,” ujarnya.Ia menuturkan, kementerian telah melakukan pembahasan program di dalam Rakor Kadin, untuk memudahkan mencari solusi persoalan sektor ekonomi di Indonesia dan seluruh provinsi. Bahkan, dalam rakor juga ditegaskan untuk pengusaha luar melibatkan pengusaha lokal daerah.

Edy juga merumuskan dua hal penting yang dianggap mampu mendorong perekonomian daerah, terlebih bagi Kalimantan Selatan. “Kami sampaikan misi Kadin Kalsel, yaitu menjadikan pengusaha lokal sebagai tuan rumah di daerahnya sendiri. Banyaknya proyek strategis nasional di daerah harus kembali manfaatnya ke daerah,” papar pengusaha ternama ini.

Menurutnya, berjalannya proyek strategis skala nasional rupanya belum mampu mendorong perekonomian Kalsel untuk tumbuh signifikan. Sebab proyek-proyek tersebut ditangani oleh kontraktor besar.”Kontraktor BUMN itu punya anak-anak perusahaan, belum lagi rekananannya, jadi tak banyak pengusaha lokal yang bisa ikut serta,” imbuhnya.(jejakrekam)

Penulis : Tim Ekonomi
Editor   : Afdi Achmad
Foto     : Istimewa

Tags:
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan