Esensi Kesejatian TNI adalah Berjuang Bersama Rakyat

0

KOMITMEN Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang kuat bersama rakyat diwujudkan dalam peringatan Hari Ulang Tahun ke-72 yang berlangsung sederhana namun penuh khidmat di Lapangan Kejujuran  Mako Rindam VI/Mulawarman, Banjarbaru, Kamis (05/10/2017).

BERTINDAK sebagai Inspektur Upacara (Irup) Komandan Rindam VI/Mlw Kolonel Inf Iwan MZ.  Dalam amanat Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo yang dibacakan Irup, di antaranya mengatakan bahwa TNI tumbuh dan berkembang dan berjuang bersama rakyat. “Inilah esensi ciri kesejatian TNI yang tidak boleh pudar di tengah-tengah arus  globalisasi, yang terus  bergerak secara dinamis,” ujar Iwan MZ, saat membacakan sambutan Panglima TNI.

Kesejatian tersebut harus terus ditumbuhkembangkan dan diselaras-serasikan dengan pola pikir kehidupan masyarakat yang semakin modern, sehingga kecintaan akan tetap terbangun sebagai modal pokok, karena bersama rakyat TNI kuat dalam menjaga dan melindungi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). “Kedekatan dan kebersamaan TNI-Rakyat adalah inti dan pusat kekuatan (centre of gravity) dari sistem pertahanan semesta yang kita anut, itulah makna dari bersama rakyat TNI kuat,” ucapnya.

Dalam kesempatan upacara, Irup menyerahkan Setya Lencana Kesetiaan kepada tiga orang prajurit TNI AD, AL dan AU. Usai kegiatan upacara HUT TNI, dilanjutkan dengan atraksi yongmoodo, pencak silat dan Kkarate serta dilanjutkan  Defile dan Panggung Prajurit serta syukuran. Hadir dalam rangkaian upacara di antaranya Kapolda Kalsel, Danlanal Kotabaru, Danlanud Syamsudinnoor, para bupati/walikota se-Kalsel, para tokoh masyarakat, tokoh agama, dan pemuda serta pejabat TNI-Polri serta para pimpinan BUMN, BUMD dan swasta.(jejakrekam)

Sumber : Korem 101 Antasari

Foto      : Iman Satria

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.