Ada Titik Api di Batas Desa Pinang Kara-Kayu Rabah

0

TITIK api yang membakar lahan gambut ditemukan di wilayah perbatasan Desa Pinang Karaya, Kecamatan Amuntai Tengah, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) dengan Desa Kayu Rabah, Kecamatan Pandawan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Rabu (27/9/2017).

PROSES pemantauan dan pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) dilakukan jajaran Polres HSU bersama Kodim 1001 Amuntai, dengan terus memonitoring titik api (hotspot). Kapolsek Amuntai Kota Iptu Agus Sumitro dengan berkoordinasi dengan pihak Koramil Amuntai Tengah dan warga Desa Pinang Kara, upaya pencegahan karhutla bisa lebih efetif.

“Memang, ada titik api di Desa Kayu Rabah, Kecamatan Pandawan, Kabupaten HST yang berbatasan dengan Desa Pinang Kara, yang masuk wilayah HSU dengan jarak 5 kilometer dari kawasan monitoring,” ucap Agus Sumitro kepada wartawan.

Dari pantauan di lapangan, Agus Sumitro menjelaskan bahwa titik api itu sempat membakar lahan gambut yang berada di Desa Kayu Rabah, Kecamatan Pandawan, Kabupaten HST. “Sayangnya, akses menuju lokasi cukup sulit dijangka, karena tak bisa lewat darat dan air,” ucap Agus Sumitro.(jejakrekam)

Penulis : Muhammad Yusuf

Editor  : Didi GS

Foto    : Istimewa

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.